Safitri, Aris and Machrus Abadi,, M.Pd. (2020) Permasalahan Pembelajaran Daring dalam Keterampilan Menulis Teks Persuasi (Studi Kasus di Kelas VIII D SMP Negeri 04 Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pada era modern, internet menjadi tujuan utama dalam kehidupan sehari-hari manusia. Hal ini dapat dilihat dengan adanya semua informasi yang tersedia dan berbagai fasilitas yang dapat memuaskan penggunanya. Dalam perkembangannya internet juga selalu mengalami perkembangan yang pesat. Pembelajaran berbasis e-learning atau daring merupakan inovasi baru di dunia pendidikan yang mempunyai peran sangat besar terhadap perubahan proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui permasalahan yang terjadi pada saat pembelajaran daring dalam keterampilan menulis teks persuasi di kelas VIII D SMP Negeri 04 Batu. Berdasarkan pendapat para ahli, kesulitan belajar peserta didik dapat terjadi akibat tiga faktor, yaitu faktor internal, faktor eksternal, dan faktor pendekatan belajar. Fokus utama penelitian adalah permasalahan yang dialami oleh guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran daring telah berhasil didokumentasikan saat penelitian. Data diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi sedangkan peneliti berperan sebagai partisipan dan juga non partisipan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskripsi. Metode pengumpulan dan analisi data menggunakan konsep Miles dan Huberman (dalam Anggita dan Johan, 2018, hal.243-249) terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini berupa hasil permasalahan peserta didik dan guru dalam pembelajaran daring dilihat dari nilai pembelajaran daring pada keterampilan menulis teks persuasi yang menunjukan bahwa peserta didik mendapat nilai yang kurang maksimal.
English Abstract
In the modern era, the internet is becoming the main goal in people's daily lives. This can be seen by all the available information and various facilities that can satisfy its users. In its development the internet has always experienced rapid development. Learning based on e-learning or online is a new innovation in the world of education which has a very large role in changing the learning process. This research was conducted to determine the problems that occur during online learning in persuasion text writing skills in class VIII D Public Middle School 04 Batu. Based on the opinions of experts, students' learning difficulties can occur due to three factors, namely internal factors, external factors, and learning approach factors. The main focus of research is the problems experienced by teachers and students in the online learning process that have been successfully documented during the study. Data obtained by observation, interviews, and documentation studies while researchers act as participants and non-participants. The study uses a qualitative approach with the description method. Data collection and analysis methods use the concept of Miles and Huberman (in Anggita and Johan, 2018, p.243-249) consisting of data reduction, data presentation, conclusion drawing / verification. The results of this study in the form of the results of the problems of students and teachers in online learning seen from the value of online learning in writing persuasion text skills that indicate that students get less than the maximum value.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520120037 |
Uncontrolled Keywords: | permasalahan, pembelajaran, daring, keterampilan, menulis, teks, persuasi dificulties, learning, online, skills, writing, text, persuasive |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Users 31 not found. |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 15:11 |
Last Modified: | 15 Jun 2022 03:00 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183804 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Aris Safitri 0520120037.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |