Karona, Arenda Tri and Putri Kumala Dewi,, M.Pd. (2020) Pengembangan Multimedia Literasi Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Pembelajaran Menulis Resensi Siswa SMA. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Hasil observasi dan wawancara ditemukan kendala pada kompetensi dasar resensi. Terbukti dari hasil meresensi siswa yang berbeda dan kurangnya penguasaan kemampuan menulis resensi. Permasalahan lain yang ditemukan adalah kurangnya pembahasan mengenai PLH. Namun, belum adanya media pembelajaran yang mendukung visi misi dari sekolah. Multimedia dikolaborasikan dengan literasi memiliki tujuan untuk membantu siswa dalam peningkatan daya kritis dan aktif. Selama kegiatan pembelajaran literasi yang dilakukan di sekolah, siswa masih kurang mengikuti langkah literasi dengan benar. Dari pengembangan media ini akan menjawab rumusan masalah dan tujuan yang berhubungan dengan kelayakan isi, bahasa, dan sistematika penyajian. Penelitian ini berjenis pengembangan menggunakan metode ADDIE. Hasil penelitian ini (1) aspek kelayakan isi, tujuan pembelajaran ditampilkan serta disesuaikan dengan literasi, (2) aspek kelayakan bahasa, setiap bacaan paragraf bertemakan PLH serta menggunakan kalimat efektif dan disusun menggunakan diksi sesuai tema PLH, (3) aspek kelayakan sistematika penyajian, pemilihan warna lebih bervariatif, penambahan petunjuk, dan jenis ukuran gambar, (4) praktisi, pengecekan penulisan ejaan pada kalimat dan paragraf, (5) uji coba skala kecil dan besar, materi sudah lengkap. Keakrutan istilah mudah dipahami, contoh sesuai PLH, dan kalimat tidak bertele-tele. Saran dan rekomendasi bagi pendidik media diharapkan memudahkan dalam pembelajaran resensi dan penyampaian PLH, bagi peserta didik diharapkan media ini dapat berkembang membantu siswa khususnya Kompetensi Dasar resensi dan media dapat berkembang sesuai PLH, dan bagi peneliti lain dapat dijadikan acuan untuk melakukan penelitian pengembangan khususnya pengembangan literasi Bahasa Indonesia.
English Abstract
Writing The results of observations and interviews found obstacles in the learning standard of writing a review. Evidenced by the results of different student reviews and lack of mastery of the ability to write a review. Another problem found is the lack of discussion about PLH. However, there is no learning media that supports the vision and mission of the school. Multimedia collaborated with literacy has the aim to assist students in increasing critical and active power. During the literacy learning activities carried out at school, students still do not follow the literacy steps correctly. From the development of this media will answer the formulation of problems and objectives related to the feasibility of the content, language, and systematic presentation. This research type of development using the ADDIE method. The results of this study (1) aspects of the feasibility of the contents, learning objectives are displayed and adjusted to the literacy, (2) aspects of the feasibility of the language, each paragraph reads themed PLH as well as using effective sentences and arranged using diction according to the theme of PLH, (3) aspects of the feasibility of systematic presentation, color selection is more varied, the addition of instructions, and the type of image size, (4) practitioners, checking spelling of sentences and paragraphs, (5) small and large scale trials, the material is complete. The accuracy of the terms is easy to understand, examples are in accordance with PLH, and sentences are not wordy. Suggestions and recommendations for media educators are expected to facilitate the learning of review and delivery of Environmental Management, for students it is hoped that this media can develop to help students in particular the Learning Standard of writing a review and the media can develop according to PLH, and for other researchers can be used as a reference for conducting research development, especially literacy development Indonesian.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520120036 |
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Literasi, Pendidikan Lingkungan Hidup, Menulis Resensi Multimedia Literacy, Environmental Education, Review |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Users 31 not found. |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 15:09 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 07:21 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183803 |
Text
Arenda Tri Karona.pdf Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |