Penggunaan Partikel To, Ba, Tara, dan Nara sebagai Penanda Modalitas Pengandaian dalam Film Meitantei Conan: Shikkoku no Cheisaa (2009).

Syafira, Annisa and Dewi Puspitasari,, M.Hum (2020) Penggunaan Partikel To, Ba, Tara, dan Nara sebagai Penanda Modalitas Pengandaian dalam Film Meitantei Conan: Shikkoku no Cheisaa (2009). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

ang berjudul “Penggunaan Partikel To, Ba, Tara, dan Nara sebagai Penanda Modalitas Pengandaian dalam Film Meitantei Conan: Shikkoku no Cheisaa (2009)” dilakukan untuk memahami penggunaan to, ba, tara, dan nara sebagai penanda modalitas pengandaian. Penelitian ini memiliki rumusan masalah yakni 1) Bagaimana penggunaan to, ba, tara, dan nara sebagai penanda modalitas pengandaian dalam film Meitantei Conan: Shikkoku no Cheisaa (2009), dan 2) Apakah keempat bentuk tersebut dapat saling menggantikan atau tidak dalam kutipan dialog tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data berupa dialog dalam film Meitantei Conan: Shikkoku no Cheisaa (2009) yang mengandung modalitas pengandaian to, ba, tara, dan nara. Tahapan analisis yang dilakukan adalah menganalisis penggunaan to, ba, tara, dan nara, mensubstitusikan, dan membuat kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui keseluruhan data temuan berjumlah 46 data, dengan 24 data yang dapat disubstitusikan dan 12 data yang tidak dapat disubstitusikan sama sekali. Dari segi penggunaannya, diketahui bahwa dalam film tersebut to, ba, tara, dan nara banyak digunakan untuk mengungkapkan situasi yang mengandung pengandaian/jika dan mengungkapkan pendapat si pembicara.

Other obstract

キーワード:「と」、「ば」、「たら」、「なら」 映画名探偵コナン:漆黒のチェイサー(2009)に条件表現として助詞の「と」、「ば」、「たら」、「なら」粒子の使用と言う研究は、条件表現として助詞の「と」、「ば」、「たら」、「なら」粒子の使用を理解するためのである。研究の問題は(1)映画名探偵コナン:漆黒のチェイサー(2009)に条件表現として助詞の「と」、「ば」、「たら」、「なら」粒子の使用は何かと(2)その四つの文型は置き換えることができるか、である。研究の種類は、定性の記述的である。一次データとしては、「名探偵コナン:漆黒のチェイサー(2009)」という映画で、「と」、「ば」、「たら」、「なら」を含まれているの対話である。データの分析は、「と」、「ば」、「たら」、「なら」の使用を分析し、置換えり、結論のリストを作る、である。本研究の結果は全て46データがある。置き換えるできる文章は24データで、置き換えるできない文章は12が見つかった。使用からいうと、条件付き表現式と意見を述べるために広く使用がある。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520120033
Uncontrolled Keywords: Modus, Modalitas, Pengandaian Penelitian
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Bambang Septiawan
Date Deposited: 22 Oct 2021 15:10
Last Modified: 15 Jun 2022 03:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183800
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Annisa Syafira 0520120033.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item