Implementasi Program Loket Fast Track Dalam Rangka Perbaikan Sistem Antrean Layanan Administrasi Kepesertaan Jkn-Kis (Studi Di Kantor Bpjs Kesehatan Cabang Jakarta Selatan)

Putri, Afina Widya Agusti (2020) Implementasi Program Loket Fast Track Dalam Rangka Perbaikan Sistem Antrean Layanan Administrasi Kepesertaan Jkn-Kis (Studi Di Kantor Bpjs Kesehatan Cabang Jakarta Selatan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Program Loket Fast Track merupakan suatu program yang dilaksanakan untuk mengatasi masalah penumpukan antrean yang ada di Loket BPJS Kesehatan Jakarta Selatan. Program ini bertujuan untuk mempercepat proses layanan administrasi kepesertaan dan memberikan edukasi kepada masyarakat yang ingin mendaftarkan dirinya sebagai peserta JKN-KIS. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini terbagi menjadi dua, antara lain: 1) implementasi program Loket Fast Track dalam rangka perbaikan sistem antrean layanan administrasi kepesertaan JKN-KIS; dan 2) faktor pendukung dan faktor penghambat pada implementasi program Loket Fast Track dalam rangka perbaikan sistem antrean layanan administrasi kepesertaan JKN-KIS. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan analisis data deskriptif dengan melalui proses data collection, data condensation, data display, dan conclusion. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi program Loket Fast Track membuat antrean yang tadinya menumpuk di Loket Fast Track menjadi tidak padat lagi. Calon peserta bisa merasakan perubahan layanan administrasi kepesertaan menjadi lebih cepat dan mudah. Selain itu calon peserta juga mendapatkan edukasi mengenai program JKN, regulasi pendaftaran, hak dan kewajiban peserta, dan sistem pembayaran autodebit. Selain itu, terdapat faktor pendukung seperti SDM, sarana prasarana, dan data NIK dari Dispendukcapil serta faktor penghambat seperti sistem offline, petugas masih menggunakan kertas, dan peserta yang salah antrean dan perbedaan data pada berkas peserta. Sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kepesertaan, BPJS Kesehatan Jakarta Selatan diharapkan dapat memasukkan data pada NIK yang belum terdaftar ke Microsoft Excel saat sistem sedang offline. BPJS Kesehatan juga dapat menyediakan banner mengenai informasi perbedaan loket di lobby agar calon peserta tidak salah antrean. Selain itu, tablet yang terdapat pada meja loket dapat digunakan sebagai pengganti lembar tanda tangan agar mengurangi penggunaan kertas dan mempersingkat waktu layanan.

English Abstract

Fast Track Counter is a program that held to overcome the problem of the queue at healthcare and social security administrative bodies (referred as BPJS Kesehatan) in South Jakarta. This program aims to accelerate the process of membership administration service and give education to the public who wants to register themselves as JKN-KIS participants. This research uses descriptive research with a qualitative approach. The focus of this research is divided into two, including: 1) the implementation of the Fast Track Counter program in the context of improving the JKN-KIS membership administration service queue system; and 2) supporting and inhibiting factors in the implementation of the Fast Track Counter program in the context of improving the JKN-KIS membership administration service queue system. Data collection techniques are used in this research are observation, interview, and documentation. In analyzing data researcher is using descriptive data analysis through the process of data collection, data condensation, data display, and conclusion. The results of the research showed that the implementation of Fast Track Counter made the queues that had piled up at the Fast Track Counters less congested. Prospective participants can feel the change in the administration services to be faster and easier. Besides, prospective participants also get an education about the JKN program, registration regulations, participant rights and obligations, and auto-debit payment system. Also, there are supporting factors such as human resources, infrastructure, and NIK data from Dispendukcapil as well as inhibiting factors such as the offline system, officers that are still using paper, and participants who went to the wrong queue and there are differences in the participant files. To improve the quality of membership administration services, BPJS Kesehatan of South Jakarta is expected to enter data of NIK that has not been registered to Microsoft Excel when the system is offline. BPJS Kesehatan of South Jakarta can also provide banners on information about the differences between other counters in the lobby so that participants do not get in the wrong line. Besides, the tablets on the counter can be used instead of using sheets to get the signature of participants to reduce paper usage and shorten the service time.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520030011
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Loket Fast Track, Sistem Antrean Layanan.
Subjects: 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration > 353.6 Public administration of health services > 353.68 Health care facilities
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: ismanto
Date Deposited: 28 Feb 2021 10:10
Last Modified: 01 Oct 2024 02:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183737
[thumbnail of -Afina Widya Agusti Putri.pdf] Text
-Afina Widya Agusti Putri.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item