Pengaturan Posisi Kerja Pada Pekerjaan Berulang Di Industri Pengepakan Minuman

Septiari, Renny (2018) Pengaturan Posisi Kerja Pada Pekerjaan Berulang Di Industri Pengepakan Minuman. Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam industri manufaktur seperti industri makanan dan minumam telah banyak penyelesaian produk akhir (finishing). Dan pada akhirnya fasilitas untuk mengurangi kegiatan manual dalam proses produksipun sudah banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar maupun menengah. Sehingga pekerja hanya bertugas sebagai operator dan pengawas untuk mesin-mesin yang digunakan. Namun , masih ada beberapa proses dalam suatu industri dimana untuk proses penyelesaian produknya menggunakan tenaga manusia sebagai pelaku, contoh pada proses pengepakan minuman gelas/cup yaitu memasukkan gelas-gelas minuman ke dalam dos-dos yang masih dilakukan secara manual. Untuk proses pengerjaannya sendiri, aktivitas ini dilakukan dengan cara berdiri ataupun duduk disamping ban berjalan (conveyor) dimana gelas-gelas minuman akan berjalan diatas conveyor menuju tempat para pekerja pengepakan. Kemudian para pekerja akan mengambil satu persatu minuman tersebut untuk selanjutnya diatur didalam dos-dos yang telah disediakan. Pekerjaan berulang dan monoton ini dilakukan dengan posisi berdiri ataupun duduk dan dilakukan selama hampir satu shif kerja yaitu 8 jam dikurangi satu jam untuk istirahat.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DIS/613.62/SEP/p/2018/061803836
Uncontrolled Keywords: INDUSTRIAL AND OCCUPATIONAL HEALTH
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.6 Personal safety and special topics of health > 613.62 Industrial and occupational health
Divisions: S2/S3 > Doktor Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Feb 2021 03:56
Last Modified: 25 Feb 2021 03:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183682
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item