Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Merry Collection Menggunakan Metodologi Ripple

Irnandha, Chenni and Djoko Pramono, S.T., M.Kom. and Buce Trias Hanggara, S.Kom., M.Kom (2020) Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Merry Collection Menggunakan Metodologi Ripple. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Toko Merry Collection merupakan suatu Usaha Mikro Kecil Menengah bidang fashion yang menjual tas wanita hasil produksi lokal. Dalam melakukan aktivitas penjualannya UMKM ini masih menggunakan metode konvensional yang dalam praktiknya masih terdapat permasalahan yaitu kesulitan untuk mendapatkan pelanggan baru dan adanya keluhan dari pelanggan yang berimbas pada penurunan omzet penjualan. Oleh karena hal tersebut, penelitian yang bertujuan untuk membuat rekomendasi rancangan sistem informasi penjualan menggunakan metodologi ripple ini dilakukan. Tahapan-tahapan yang dilakukan dalam membuat rekomendasi rancangan sistem ini adalah melakukan pemodelan dan evaluasi proses bisnis, analisis kebutuhan, perancangan sistem dan evaluasi rancangan sistem. Hasil yang didapatkan pada tahap pemodelan dan evaluasi proses bisnis adalah adalah proses bisnis yang sedang berjalan (as-is), akar permasalahan dan rekomendasi proses bisnis (to-be) yang digunakan sebagai dasar untuk melakukan analisis kebutuhan. Lalu, pada tahap analisis kebutuhan dan perancangan sistem, artefak yang dihasilkan adalah use case diagram, activity diagram, class diagram, sequence diagram, database schema, rancangan antarmuka. Setiap artefak yang dihasilkan kemudian dievaluasi menggunakan Traceablility Matrix dan System Usability Scale (SUS) pada tahap evaluasi rancangan sistem. Hasil evaluasi proses bisnis menggunakan QEF menunjukkan bahwa terdapat sejumlah 12 faktor kualitas yang tidak sesuai dengan target dari pemilik toko. Hasil analisis akar permasalahan menggunakan fishbone diagram terhadap faktor kualitas tersebut menunjukan bahwa ketidaksesuaian tersebut disebabkan oleh lima aspek yaitu people, environment, equipment, material dan process. Pada penelitian ini, Traceability matrix menunjukkan bahwa seluruh kebutuhan sistem yang didefinisikan telah dimodelkan. Sedangkan evaluasi dengan system usability scale menghasilkan nilai SUS sebesar 86 yang setara dengan nilai “A”. Hal ini yang menunjukkan bahwa rancangan sistem informasi penjualan Merry Collection sudah baik dan dapat diterima dari segi usability oleh pengguna.

English Abstract

Merry Collection shop is a Micro Small and Medium Enterprises in the field of fashion that sells locally produced women's bags. In carrying out its sales activities, this MSME still uses conventional methods, which in practice there are still problems in getting new customers and complaints from customers which have an impact on reducing sales turnover. Because of this, research for making design recommendation of sales information systems using the ripple methodology was carried out. The stages involved in making this system design recommendation are modeling and evaluating business processes, requirements analysis, system design, and system design evaluation. The results obtained at the stage of modeling and evaluating business processes are ongoing business processes (as-is), root causes, and business process recommendations (to-be) which are used as a basis for conducting a requirements analysis. Then, at the requirements analysis and system design stage, the artifacts produced are use case diagrams, activity diagrams, class diagrams, sequence diagrams, database schema, interface designs. Each artifact produced is then evaluated using the Traceability Matrix and the System Usability Scale (SUS) at the system design evaluation stage. The results of evaluating business processes using QEF show that there are several 12 quality factors that are not in line with the target of the shop owner. The results of root cause analysis using fishbone diagrams on these quality factors show that the discrepancy is caused by five aspects are people, environment, equipment, material, and process. In this study, the Traceability matrix shows that all defined system requirements have been modeled. While the evaluation with the system usability scale produces a SUS value of 86 which is equivalent to the value of "A". This shows that the design of the Merry Collection sales information system is good and can be accepted in terms of usability by the user.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520150082
Uncontrolled Keywords: OOAD, ripple, quality evaluation framework (QEF), root cause analysis (RCA), traceability matrix, system usability scale (SUS)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Oct 2021 01:28
Last Modified: 15 Aug 2022 02:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183666
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
0520150082-Chenni Irnandha.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item