peran trust dan perceived risk dalam memediasi efek perceived value terhadap niat berkunjung ekowisatawan asing ke ekowisata Mangrove Information Center di Bali (Blok II Taman Hutan Raya Ngurah Rai)

Tiarantika, Reny (2020) peran trust dan perceived risk dalam memediasi efek perceived value terhadap niat berkunjung ekowisatawan asing ke ekowisata Mangrove Information Center di Bali (Blok II Taman Hutan Raya Ngurah Rai). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Minat wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri, tidak terbatas di objek-objek wisata yang terkenal dan ramai saja. Beberapa khalayak justru memandang objek wisata yang terlalu ramai kurang memberikan kesan yang berarti. Salah satu daerah di Indonesia yang berupaya mengoptimalkan potensi ekowisata adalah Bali. Daya tarik dari daerah ekowisata seperti Mangrove Information Center dapat dimanfaatkan untuk memperoleh keuntungan dari sektor pariwisata. Disisi lain dalam pendiriannya Mangrove Information Center bekerja sama dengan JICA (Japan International Cooperation Agency). Akan tetapi niat wisatawan asing yang berkunjung ke Bali untuk mendatangi kawasan ekowisata di MIC masih tergolong rendah dibanding dengan wisatawan nusantara, padahal Bali merupakan salah satu pulau di Indonesia yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan asing untuk berlibur. Penelitian ini kemudian berfokus pada perceived value yang dirasakan oleh ekowisatawan dan dampak terhadap niat berkunjung dengan trust dan peceived risk sebagai mediator. Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk menganalisa (1) pengaruh perceived value terhadap niat berkunjung ekowisatawan asing ke Mangrove Information Center (2) dampak trust sebagai mediator antara perceived value dan niat berkunjung (3) dampak peceived risk sebagai mediator antara perceived value dan niat berkunjung. Populasi penelitian adalah ekowisatawan asing yang sedang dan/ atau pernah berkunjung ke MIC Bali dengan pengambilan sampel dengan secara purposive sampling yaitu ekowisatawan asing yang sedang atau pernah berkunjung ke MIC Bali pada tahun 2017-2020 dan berasal dari negara yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Nasional sebanyak 150 sampel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif menggunakan analisis statistik deskriptif dengan alat analisis SPSS 16.0 dan analisis statistik inferensial: Warp-PLS 6.0 SEM (Structural Equation Model). Sedangkan pengambilan data meliputi data primer dan data sekunder. Pengumpulan data primer dilakukan dengan survei melalui instrumen kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara perceived value (X) terhadap niat berkunjung (Y) dengan nilai signifikansi <0.001 dan nilai koefisien 0,25. Selain itu trust (X2) merupakan variabel mediasi sebagian antara perceived value (X) dan niat berkunjung (Y) dengan nilai signifikansi <0.001 dan nilai koefisien 0,23, sedangkan perceived risk bukan merupakan variabel mediasi antara perceived value (X) dan niat berkunjung (Y). Hal ini dikarenakan pengaruh perceived risk sebagai mediator memiliki nilai signifikansi >1% (0.09) (tidak signifikan) dan nilai koefisien -0,05. Selain itu hasil uji prioritas efektivitas pengaruh secara keseluruhan menunjukkan bahwa hubungan perceived value terhadap niat berkunjung yang dimediasi oleh trust menempati urutan prioritas pertama dengan niali total effect sebesar 0,48. Dari hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa niat berkunjung ekowisatawan asing ke MIC Bali dapat ditingkatkan dengan atribut perceived value dan trust dan direkomendasikan lebih effektif menggunakan trusts sebagai mediator. Selain itu, hasil penelitian ini mampu memperluas dan theory of consumption value dengan penambahan dimensi hedonic value, serta mendukung dan membuktikan kebenaran dari the means-end theory.Niat berkunjung ekowisatawan asing ke MIC Bali yang masih rendah dikarenakan masih minimnya informasi yang diterima oleh wisatawan asing tentang MIC Bali. Oleh karena itu berdasarkan hasil penelitian niat berkunjung ekowisatawan asing ke MIC Bali dapat ditingkatkan dengan menggunakan atribut perceived value secara positif dan trust, salah satunya dengan memperkenalkan keunikan dan keunggulan MIC Bali melalui media digital sehingga perceived value yang diterima oleh ekowisatawan asing terhadap MIC Bali dapat diterima secara positif dan dapat meningkatkan trust yang berdampak pada meningkatnya niat berkunjung ke MIC Bali.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520150296
Uncontrolled Keywords: Niat berkunjung, peceived risk, perceived value, trust
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.4 Spesific aspects of culture > 306.48 Recreation and performing arts > 306.481 General topics of recreation > 306.481 9 Travel and tourism
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 28 Feb 2021 04:26
Last Modified: 13 Apr 2023 01:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183533
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Reny Tiarantika (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item