Hanum, Maulia Shofiyah (2020) Analisis Pengaruh Word Of Mouth Dan Experience Quality Terhadap Pengambilan Keputusan Dalam Pemilihan Sekolah Dengan Variabel Mediasi Perceived Value Dan Brand Image (Studi Pada SDI Surya Buana Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Word of Mouth dan Experience Quality terhadap keputusan dalam pemilihan sekolah dengan variabel mediasi Perceived Value dan Brand Image di SDI Surya Buana Malang. Populasi pada penelitian ini yang dijadikan sekaligus sebagai sampel adalah walimurid yang pernah menyekolahkan anaknya di TK/KB Surya Buana Malang dan kemudian melanjutkan sekolah di SDI Surya Buana Malang, sejumlah 102 sampel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berdasarkan rumusan masalah dan tujuan penelitian serta jenis penelitian eksplanatori. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling yang memiliki arti pengambilan informasi yang dilakukan dalam populasi tidak memiliki probabilitas apapun yang melekat untuk dipilih sebagai subjek sampel. Pengambilan sampel terbatas pada jenis orang tertentu yang dapat memberikan informasi yang diinginkan atau biasa disebut sebagai Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuisioner yang dianalisis menggunakan perangkat lunak SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menujukkan bahwa Word of Mouth dan Experience Quality memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap pengambilan keputusan. Selain itu Word of Mouth dan Experience Quality memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengambilan keputusan apabila dimediasi dengan variabel mediasi Perceived Value dan Brand Image. Penelitian selanjutnya dapat melakukan penelitian dengan mengkolaborasikan variabel-variabel yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan seperti satisfaction, price, demographic variable dan variabel lainnya untuk dapat meningkatkan strategi dalam peningkatan pengambilan keputusan dalam pemilihan sekolah.
English Abstract
The objective of this research is to analyze the effect of word of mouth and experience quality on the decision of choosing a school with the mediation of perceived value and brand image. The population of this study is 102 parents who had sent their children to Surya Buana Kindergarten and Playgroup and sent their children to Surya Buana Islamic Elementary School following their graduation, all of which were selected as the sample. This study uses quantitative approach which is based on research problems and research objective and is categorized as explanatory research. The samples were selected using nonprobability sampling, which means that information retrieval carried out in the population does not have any inherent probability of being chosen as the sample subject. Sampling is limited to certain types of people who can provide the desired information or commonly referred to as Purposive Sampling. The instrument used in this study is questionnaires which were analyzed in SmartPLS 3.0. This study finds that word of mouth and experience quality are insignificant for the decision making. However, they are significant for the decision making if mediated by perceived value and brand image. Next researches can incorporate variables that influence decision making such as satisfaction, price, demographic variable and other variables to be able to improve strategies in improving decision making in school selection.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 0420020025 |
Uncontrolled Keywords: | Word of Mouth, Experience Quality, Perceived Value, Brand Image, Pengambilan Keputusan, SDI Surya Buana Malang. Word of Mouth, Experience Quality, Perceived Value, Brand Image, Decision Making |
Divisions: | S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 26 Feb 2021 16:29 |
Last Modified: | 18 Sep 2024 02:21 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183464 |
Text
Maulia Shofiyah Hanum.pdf Download (10MB) |
Actions (login required)
View Item |