Evaluasi dan Perbaikan Antarmuka Pengguna pada Website Fullerton Markets Indonesia (FMINDO) menggunakan Metode Human Centered Design

Fahrunnisa, Ayu and Retno Indah Rokhmawati, S.Pd., M.Pd., and Hanifah Muslimah Az-Zahra, S.Sn., M.Ds., (2020) Evaluasi dan Perbaikan Antarmuka Pengguna pada Website Fullerton Markets Indonesia (FMINDO) menggunakan Metode Human Centered Design. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Fullerton Markets Indonesia (FMINDO) sebuah perusahaan yang menunjang sebuah informasi dan analisis finansial yang membantu pengguna di Indonesia dalam membaca navigasi pasar dunia. Berdasarkan hasil penelitian, pada bulan Oktober 2018 terjadi pemblokiran domain asli dari Fullerton Markets di Indonesia dan para pengunjung maupun pelanggan tidak bisa mengakses domain tersebut sehingga terjadi penurunan konversi di Indonesia. Dari sumber data Google Analytics, hasil menunjukkan bahwa terjadi penurunan pengguna sebanyak 40,47% dari keseluruhan pengguna dalam jangka 3 bulan sebelum domain diblokir. Dari permasalahan tersebut website FMINDO perlu untuk dilakukan perbaikan terhadap antarmuka pengguna nya. Metode yang digunakan adalah Human Centered Design (HCD) untuk mengevaluasi dan memperbaiki tampilan antarmuka pengguna website FMINDO berdasarkan pengguna maupun stakeholder. Tahapan pada HCD yaitu melakukan analisis konteks serta kebutuhan pengguna, menggunakan metode wawancara dan pengambilan data aktivitas pengguna. Hasil dari analisis ini adalah evaluasi awal desain dengan 6 responden yang diambil berdasarkan diskusi steering committee. Hasil perancangan dan desain solusi adalah kerangka dan purwarupa. Evaluasi desain solusi menggunakan pengujian usability yang dilihat dari 3 aspek yaitu aspek efisiensi, efektivitas, dan aspek satisfaction. Pengujian skenario tugas digunakan untuk melakukan evaluasi pada aspek efisiensi dan efektivitas. Sedangkan aspek kepuasan pengguna dilakukan dengan kuesioner SUS atau System Usability Scale. Hasil evaluasi desain solusi dengan aspek efisiensi mendapatkan waktu rata-rata sebesar 4,49 detik, sedangkan dengan aspek efektivitas persentase didapat sebesar 100% serta aspek kepuasan pengguna diperoleh dengan nilai rata-rata sebesar 72. Hasil evaluasi membuktikan bahwa penerapan metode HCD dengan website finansial seperti FMINDO berhasil meningkatkan nilai usability dari 3 aspek yaitu aspek efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna.

English Abstract

Fullerton Markets Indonesia (FMINDO) is a company that supports an information and financial analysis that helps users in Indonesia to read the navigation of the world market. Based on the results of the study, in October 2018 there was a blockade of the original domain from Fullerton Markets in Indonesia and visitors and customers could not access the domain, resulting in a decrease in conversions in Indonesia. From the Google Analytics data source, the results show that there was a decrease of 40.47% of the total users in the three months before the domain was blocked. From these problems the FMINDO website needs to be improved to its user interface. The method used is Human Centered Design (HCD) to evaluate and improve the appearance of the FMINDO website user interface based on users and stakeholders. The stages of HCD are analyzing the context and needs of users, using interview methods and retrieval of user activity data. The results of this analysis are an initial evaluation of the design with 6 respondents taken based on the steering committee discussion. The results of design solutions are frameworks and prototypes. Evaluation of solution design using usability testing which is seen from 3 aspects namely efficiency, effectiveness, and satisfaction aspects. Testing task scenarios are used to evaluate aspects of efficiency and effectiveness. Whereas the aspect of user satisfaction was carried out with the SUS questionnaire or System Usability Scale. The results of the evaluation of the design of solutions with the aspect of efficiency get an average time of 4.49 seconds, while with the aspect of the effectiveness of the percentage obtained by 100% and aspects of user satisfaction obtained with an average value of 72. The results evaluation prove that the application of the HCD method with a financial website such as FMINDO succeeded in increasing the value of usability from 3 aspects namely aspects of efficiency, effectiveness, and user satisfaction.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520150004
Uncontrolled Keywords: human centered design, website, usability, system usability scale. human centered design, website, usability, system usability scale.
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.2 System analysis and design, computer architecture, performance evaluation
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Feb 2021 07:01
Last Modified: 09 Aug 2022 03:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183439
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
0520150004-AyuFahrunnisa - Ayu Fahrunnisa.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (26MB)

Actions (login required)

View Item View Item