Niat Pembelian Produk Bioplastik Rumput Laut Ramah Lingkungan: Implementasi The Extended TPB dan ERE Model

Putri, Novinda Agnike (2020) Niat Pembelian Produk Bioplastik Rumput Laut Ramah Lingkungan: Implementasi The Extended TPB dan ERE Model. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Niat konsumen Indonesia untuk melakukan pembelian produk bioplastik yang terbat dari bahan dasar rumput laut masih rendah. Hal tersebut dapat diketahui dengan pembelian masyarakat Indonesia yang masih berada di kisaran 20% pada produk ramah lingkungan berbahan dasar rumput laut. Padahal dengan melakukan pembelian produk ramah lingkungan berarti kita sebagai masyarakat juga telah berkontribusi dalam upaya pengurangan sampah plastik yang makin lama menjadi masalah yang serius. Selain itu juga selaras dengan SDGS pada tujuan ke 14 target 14.1 yakni untuk mencegah dan mengurangi polusi laut secara signifikan dari semua jenis khususnya dari aktivitas berbasis darat termasuk puing-puing laut dan polusi nutrisi hingga tahun 2025 serta tekad Pemerintah Indonesia yang juga berupaya untuk memangkas jumlah sampah plastik yang dibuang ke laut sebesar 70% sebelum tahun 2025. Berawal dari fenomena tersebut, penelitian ini berpotensi untuk dikembangkan dan mendorong peneliti fokus melakukan penelitian tentang niat pembelian produk bioplastik rumput laut ramah lingkungan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli generasi milenial pada produk kemasan rumput laut ramah lingkungan dan mengetahui sikap generasi milenial dalam membantu pengembangan strategi pemasaran berkelanjutan produk kemasan rumput laut ramah lingkungan. Pada penelitian ini menggunakan Theory Planned Behavior yang mempengaruhi niat pembelian yakni terdapat variabel attitude, subjective norm dan perceived behavioral control dan perluasannya yakni environmental concern. Kemudian untuk Theory Expanded Rational Expectation dengan menggunakan perluasannya yakni penerimaan sosial dan pengetahuan nutrisi. Pada variabel pengetahuan nutrisi dilakukan modifikasi menjadi pengetahuan produk disesuaikan dengan penelitian yang dilakukan. Jenis penelitian ini adalah eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh generasi milenial yang berada di wilayah Jabodetabek. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan cara pengambilan insidental sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah generasi milenial yang menetahui produk kemasan ramah lingkungan berbahan dasar rumput laut atau yang pernah membelinya. Metode pengambilan data pada penelitian ini yaitu menggunakan observasi, dokumentasi dan kuesioner. Adapun analisis data yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Modelling) dengan pendekatan WarpPLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara subjective norm (X2) terhadap purchase intention (Y1) dengan nilai signifikansi 0.001 dan nilai koefisien 0.220, Fperceived behavioral control (X3) terhadap purchase intention (Y1) dengan nilai signifikansi 0,1 dan nilai koefisien 0.096, product knowledge (X4) terhadap purchase intention (Y1) dengan nilai signifikansi 0.061 dan nilai koefisien 0.116, social acceptability (X5) terhadap attitude (X1) dengan nilai signifikansi <0.001 dan nilai koefisien 0.462, social acceptability (X5) terhadap purchase intention (Y1) dengan nilai signifikansi 0.076 dan nilai koefisien 0.107, environmental concern (X6) terhadap attitude (Y1) dengan nilai signifikansi <0.001 dan nilai koefisien 0.293, dan environmental concern (X6) terhadap purchase intention (Y1) dengan nilai signifikansi <0.001 dan nilai koefisien 0.349, sedangkan terdapat 2 (dua) hubungan yang tidak signifikan, hal ini dikarenakan nilai signifikansi >1% yaitu attitude (X1) terhadap purchase intention (Y1) dengan nilai signifikansi 0.17 dan nilai koefisien 0.072, product knowledge (X4) terhadap attitude (X1) dengan nilai signifikansi 0.262 dan nilai koefisien 0.048. Berdasarkan kajian terhadap penelitian yang telah dilakukan sebelumnya serta hasil analisis dan pembahasan ditemukan 7 temuan yang yang memperkuat berlakunya hasil penelitian terdahulu sebab memiliki hasil pengaruh yang signifikan dengan objek penelitian yang sama, hasil penelitian semakin kuat kedudukannya. Selain itu juga memperluas berlakunya teori yang digunakan. Selain itu juga menemukan 2 hasil yang tidak mendukung penelitian sebelumnya karena tidak signifikan pada objek penelitian yang sama. Hasil dari variabel yang tidak signifikan masih dapat ditingkatkan lebih baik. Saran untuk penelitian selanjutnya dapat melakukan penelitian terkait perilaku aktual dan menambahkan jumlah responden agar hasil dari penelitian ini lebih baik lagi. Perusahaan dan pemasar, disarankan untuk menggunakan seluruh variabel yakni Attitude, Subjective Norm, Perceived Behavioral Control, Social Acceptability, Product Knowledge dan Environmental Concern demi meningkatkan Purchase Intention. Perusahaan dan pemasar diharapkan dapat memaksimalkan strategi Environmental Concern untuk meningkatkan Purchase Intention. Berawal dari rasa sadar dan peduli lingkungan di kalangan konsumen dengan memberi label produk ramah lingkungan maka akan muncul klaim positif yang mempengaruhi sikap mereka dan niat tentang produk hijau. Peran pemerintah juga sangat diperlukan dalam keberlanjutan penyelesaian masalah dalam penelitian ini, pemerintah disarankan untuk merangkul, mewadahi, kerjasama dan ikut dalam mempromosikan usaha-usaha yang memproduksi produk-produk ramah lingkungan agar selaras dengan SDGS 2030 pda tujuan ke 14 target 14.1 yakni untuk mencegah dan mengurangi polusi laut secara signifikan dan sesuai dengan tekad Pemerintah Indonesia yang juga berupaya untuk memangkas jumlah sampah plastik yang dibuang ke laut sebesar 70% sebelum tahun 2025

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520150267
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.95 Biological resources > 333.953 8 Seaweeds
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 20 Feb 2021 07:13
Last Modified: 01 Oct 2024 04:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183380
[thumbnail of -Novinda Agnike Putri.pdf] Text
-Novinda Agnike Putri.pdf

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item