Analisis Two Step Cluster Untuk Segmentasi Pasar Produk Pulltea Di Wilayah Kota Malang (Studi Kasus Pada Universitas Brawijaya)

Prigasera, Yudhantama (2020) Analisis Two Step Cluster Untuk Segmentasi Pasar Produk Pulltea Di Wilayah Kota Malang (Studi Kasus Pada Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kuliner adalah salah satu dari banyak daya tarik yang ditawarkan oleh Kota Malang. Pilihan kuliner di kota ini sangat beragam mulai dari jajanan tradisional sampai menu masakan luar negeri. Pulltea merupakan salah satu produk kuliner berupa minuman yang ada di Kota Malang. Perusahaan pulltea mengincar segmentasi pasar mahasiswa di kota Malang, sehingga pulltea hanya dijual di sekitar dan di dalam universitas saja. Pada aspek kewirausahaan, setiap konsumen memiliki keberagaman keinginan maupun karakter. Oleh karena itu, perlu adanya klasifikasi terhadap konsumen berdasarkan segmentasi yang sesuai. Menurut Kotler dan Keller (2009), segmentasi pasar dibagi menjadi empat jenis yakni: segmentasi demografis, geografis, psikografis, dan perilaku. Menurut Norusis (2004), two step cluster adalah analisis yang digunakan untuk melakukan pengelompokan objek dengan dua tahap pengelompokkan yaitu tahap preclustering dan tahap Hierarchical Cluster of Subcluster. Berdasarkan permasalahan tersebut, digunakan pendekatan analisis two step cluster untuk segmentasi konsumen pulltea di Universitas Brawijaya. Diharapkan penelitian ini menghasilkan cluster optimal yang terbentuk berdasarkan karakteristik tertentu yang dimiliki konsumen pada setiap cluster. Dengan cluster optimal yang diperoleh, dapat digunakan sebagai acuan bagi perusahaan Pulltea dalam peningkatan kualitas produk sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik mahasiswa di kota Malang.

English Abstract

Culinary is one of the many attractions offered by Malang City. Culinary choices in this city are so diverse starting from traditional snacks to foreign cuisine. Pulltea is one of the culinary products in the form of drinks in Malang City. Pulltea companies are targeting student college for their market segmentation, so Pulltea is only sold around and within universities in Malang City. In the aspect of entrepreneurship, every consumer has a variety of desires and characters. Therefore, it is necessary to classify consumers based on appropriate segmentation. According to Kotler and Keller (2009), market segmentation is divided into four types: demographic, geographic, psychographic, and behavior. According to Norusis (2004), two step cluster is an analysis used to grouping an objects with two stages of grouping, the fisrt stage is preclustering and the second stage is Hierarchical Cluster of Subcluster. Based on these problems, a two step cluster analysis is used for grouping consumer’s of pulltea in Brawijaya University. This research is expected to reveal optimal clusters based on certain characteristics of consumers in each cluster. With the optimal cluster, it can be used as a reference for Pulltea companies to improving quality of the product in accordance with the characteristics of college students in the Malang City.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520090227
Uncontrolled Keywords: Two Step Cluster, Konsumen, Segmentasi Pasar
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics > 519.5 Statistical mathematics > 519.53 Descriptive statistics, multivariate analysis, analysis of variance and covariance
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika
Depositing User: ismanto
Date Deposited: 17 Feb 2021 06:06
Last Modified: 13 Apr 2023 02:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183279
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
0520090227 - Yudhantama Frigasera.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item