Putra, Ricky Pradipta Hutama (2020) Analisis Perumusan Strategi Pengembangan Bisnis Pada UMKM Kuliner KRR’S OTENTIK. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Persaingan usaha kuliner di Indonesia semakin ketat, tak terkecuali di Kota Malang. Banyak usaha kuliner yang bermunculan baik dari usaha skala besar maupun UMKM yang mendasari pentingnya perumusan strategi pengembangan bisnis bagi setiap usaha kuliner untuk menjaga keberlangsungan usaha agar dapat bersaing dengan banyaknya pesaing yang ada. KRR’S OTENTIK merupakan salah satu UMKM kuliner di Kota Malang dengan produk nasi panggang sebagai sajian utama. Selama kurang lebih satu tahun usaha berjalan, penjualan atas produk yang ditawarkan KRR’S OTENTIK masih tidak stabil. Kurangnya perencanaan serta belum optimalnya pemasaran yang dilakukan menjadi penyebab utama atas ketidakstabilan penjualan tersebut. Kondisi tersebut melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini yakni dengan tujuan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal di KRR’S OTENTIK, melakukan formulasi strategi, hingga menghasilkan keputusan strategi yang tepat guna pengembangan usaha. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan berupa data primer dari wawancara, serta data sekunder berupa dokumen, jurnal dan sebagainya. Alat analisis yang digunakan yaitu Matriks IFE-EFE, SWOT, IE, serta Matriks QSPM. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil analisis akhir, strategi yang paling tepat untuk digunakan KRR’S OTENTIK adalah strategi penetrasi pasar, yaitu upaya peningkatan pangsa pasar melalui usaha pemasaran yang lebih besar.
English Abstract
The competition of culinary business in Indonesia is getting tougher, even in Malang City. The number of culinary businesses that have sprung up both from large-scale businesses and Micro Small and Medium Enterprises (MSME), underlies the importance of formulating business development strategies for each culinary business to maintain business sustainability so that it can compete with many existing competitors. KRR'S OTENTIK is one of the culinary MSME in Malang with roasted rice products as the main dish. For about a year the business is running, the sale of products offered by KRR'S OTENTIK is still unstable. The lack of planning and lack of marketing are the main causes of the instability of the sale. This condition is the background of this research, to identifying internal and external factors in KRR'S OTENTIK, formulating strategies, to produce the right strategic decisions for business development. The type of research in this study uses qualitative methods with case studies approaches. Data sources used in the form of primary data from interviews, as well as secondary data in the form of documents, journals and so on. The analytical tool used is the IFE-EFE Matrix, SWOT, IE, and the QSPM Matrix. The results showed that based on the results of the final analysis, the most appropriate strategy to be used by KRR’S OTENTIK is the market penetration strategy, namely efforts to increase market share through larger marketing efforts.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520020194 |
Uncontrolled Keywords: | kuliner, strategi, pengembangan usaha, strategi penetrasi pasar, culinary, strategy, business development, market penetration strategy |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.401 Planning, policy making, control, quality management > 658.401 2 Planning and policy making |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 23 Feb 2021 05:55 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 06:54 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183269 |
Text
RICKY PRADIPTA HUTAMA PUTRA.pdf Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |