Rahim, Nurul Aini Fauzah (2020) Analisis Konjoin Untuk Menentukan Preferensi Mahasiswa Fmipa Terhadap E-Commerce (Perniagaan Elektronik). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Analisis konjoin sebagai salah satu metode analisis statistik multivariat digunakan pada penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui preferensi mahasiswa FMIPA Universitas Brawijaya dalam memilih e-commerce. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dengan melakukan penyebaran kuisioner online berisi 25 stimuli kepada mahasiswa FMIPA Universitas Brawijaya angkatan 2016 – 2019 yang pernah melakukan pembelanjaan online. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ialah stratified random sampling dengan jumlah minimum mahasiswa yang digunakan sebagai sampel sebanyak 97 orang mahasiswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa saat akan memilih e-commerce guna melakukan pembelanjaan online, mahasiswa FMIPA Universitas Brawijaya mempertimbangkan perkiraan waktu pengiriman barang dengan harapan tidak lebih dari 4 hari pengiriman, kecepatan akses website e-commerce memiliki kecepatan yang cepat, terdapatnya asuransi pengembalian barang, tersedianya metode pembayaran menggunakan virtual account berupa e-banking / ATM transfer, produk yang dipasarkan e-commerce dapat dilihat melalui sosial media serta penawaran yang diberikan berupa pengiriman barang gratis (gratis ongkos kirim) untuk menarik konsumen dalam melakukan pembelanjaan online menggunakan e-commerce.
English Abstract
Conjoint analysis as one of the multivariate statistical analysis methods, used in this study to find out the preferences of Mathematics and Natural Sciences Faculty of Brawijaya University students on choosing an e-commerce. This research uses primary data by distributing an online questionnaire that contains 25 profiles to the students of Mathematics and Natural Sciences Faculty of Brawijaya University generation 2016 until 2019 that have been doing an online shopping. The sampling technique used in this research is stratified random sampling with many minimum students used as a sample are 97 students. The results of the analysis show that when students choose e-commerce to make online purchases, students of the Faculty of Mathematics and Natural Sciences Universitas Brawijaya will consider an estimated delivery time that does not exceed up to 4 days of delivery, e-commerce website access has a fast speed, insurance for the return of goods are available, payment methods using a virtual account consisting of electronic banking / ATM transfers are available, marketed products can be seen through social media and e-commerce provides free shipping of goods to attract consumers to make online purchases using e-commerce.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520090225 |
Uncontrolled Keywords: | Analisis Konjoin, Statistik Multivariat, Preferensi, Belanja Online |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics > 519.5 Statistical mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika |
Depositing User: | ismanto |
Date Deposited: | 17 Feb 2021 00:21 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 07:37 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183267 |
Text
0520090225 - Nurul Aini Fauzah Rahim.pdf Download (6MB) |
Actions (login required)
View Item |