Analisis Jalur Untuk Menganalisis Variabel Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Konsumen Toko Vape Sirajavapor)

Rahmansyah, Rayoga (2020) Analisis Jalur Untuk Menganalisis Variabel Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Konsumen Toko Vape Sirajavapor). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Analisis jalur digunakan sebagai metode untuk mempelajari pengaruh langsung dan tidak langsung suatu variabel, di mana beberapa variabel dipandang sebagai sebab dan variabel lain dianggap sebagai akibat. Analisis jalur juga merupakan teknik analisis yang digunakan untuk mempelajari hubungan kausal antara variabel eksogen dan variabel endogen. Analisis jalur berbeda dengan analisis regresi, di mana analisis jalur memungkinkan pengujian dengan menggunakan variabel perantara. Terdapat variabel eksogen, variabel endogen dan variabel perantara adalah variabel yang terdapat pada analisis jalur. Penelitian ini menggunakan data primer yang didapatkan dari hasil pandangan responden melalui kuesioner. Pada penelitian ini peneliti ingin mengetahui besarnya pengaruh langsung dan tidak langsung dari tiap-tiap variabel yang mempengaruhi kepuasan konsumen (variabel endogen) dari toko vape SirajaVapor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa besarnya keragaman data yang dapat dijelaskan oleh model hasil analisis sebesar 90,6%. Sisanya sebesar 9,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat pada model. Pengaruh langsung dan tidak langsung yang diberikan oleh variabel eksogen memiliki hasil yang sama yakni yang paling tinggi diberikan oleh variabel kualitas pelayanan dan yang paling rendah diberikan oleh varian produk. Dan untuk pengaruh total yang diberikan oleh variabel eksogen yang paling tinggi diberikan oleh kualitas pelayanan dan yang paling rendah diberikan oleh kenyamanan tempat.

English Abstract

Path analysis is used as a method to study the direct and indirect effects of a variable, in which some variables are seen as causes and other variables are considered as effects. Path analysis is also an analysis technique used to study the causal relationship between exogenous and endogenous variables. Path analysis is different from regression analysis, where path analysis allows testing using intermediate variables. There are exogenous variables, endogenous variables and intermediate variables are the variables contained in the path analysis. This study uses primary data obtained from the respondents' views through a questionnaire. In this study, researchers wanted to find out the magnitude of the direct and indirect effects of each variable affecting customer satisfaction (endogenous variables) from the SirajaVapor vape shop. The results of this study indicate that the amount of diversity of data that can be explained by the analysis model is 90.6%. The remaining 9.4% is explained by other variables not found in the model. Direct and indirect influences given by exogenous variables have the same result, namely the highest is given by service quality variables and the lowest is given by product variants. And for the total effect given by the exogenous variables the highest is given by the quality of service and the lowest is given by the comfort of the place.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520090210
Uncontrolled Keywords: Analisis Jalur, Variabel Eksogen, Variabel Endogen, Variabel Perantara.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics > 519.5 Statistical mathematics > 519.53 Descriptive statistics, multivariate analysis, analysis of variance and covariance > 519.538 Analysis of variance and covariance
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika
Depositing User: ismanto
Date Deposited: 16 Feb 2021 09:55
Last Modified: 22 Jul 2022 03:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183139
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
0520090210- Rayoga Rahmansyah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item