Pengaruh Pendayagunaan Dana Zakat, Infaq, Sedekah (Zis) Terhadap Keuntungan Usaha Mikro Mustahiq (Studi Kasus Di Baznas Gresik)

Shofiyana, Indah Putri (2020) Pengaruh Pendayagunaan Dana Zakat, Infaq, Sedekah (Zis) Terhadap Keuntungan Usaha Mikro Mustahiq (Studi Kasus Di Baznas Gresik). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sebuah negara berkembang seperti Indonesia seringkali mengalami berbagai persoalan yang terkait dengan perekonomian. Terutama masyarakat yang kurang mampu harus menjalani kehidupan kurang layak. Yahya et al, (2010) salah satu permasalahan nyata yang dihadapi Indonesia ialah disparitas (ketimpangan) pendapatan dan kemiskinan. Sehingga solusi untuk problem tersebut yaitu adanya Zakat, Infaq, Sedekah (ZIS) yang merupakan salah satu instrumen distribusi yang mengandung makna pembagian atau penyaluran sesuatu kepada pihak lain yang membutuhkan (Mannan,1995). Oleh karena itu pendayagunaan ZIS guna dimanfaatkan untuk modal usaha dapat membantu para mustahiq ke depannya dan diharapkan dapat merubah dari posisi mustahiq ke posisi muzakki, melalui bentuk keuntungan dari usaha mikro yang mustahiq tekuni. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Pendekatan ini bertujan untuk menganalisis pengaruh variabel jumlah dana ZIS, lama menerima, alokasi penggunaan ZIS, dan pembinaan terhadap keuntungan usaha mikro mustahiq di Baznas Gresik. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder yang bersumber dari kuisioner, wawancara, dan literatur yang mendukung penelitian ini. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah regresi linier berganda. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa secara parsial dan juga simultan variabel jumlah dana ZIS, lama menerima, alokasi penggunaan ZIS, dan pembinaan berpengaruh siginfikan terhadap keuntungan usaha mikro mustahiq di Baznas Gresik. Dan hasil penelitian ini memeiliki nilai koefisien determinasi (Adjusted R-Square) sebesar 0,967.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520020114
Uncontrolled Keywords: Zakat Infaq Sedekah (ZIS), Pendayagunaan ZIS, Keuntungan Usaha Mikro,
Subjects: 200 Religion > 297 Islam, Babism, Bahai Faith > 297.5 Islamic ethics and religious experience, life, practice > 297.54 Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 17 Feb 2021 16:29
Last Modified: 11 Apr 2023 06:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183057
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Indah Putri Shofiyana.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item