Puspitasari, Octora Achbrinia (2020) Pengembangan Filter Partikulat Pm0.1 Berbasis Elektrostatis Tegangan Tinggi Arus Searah Untuk Sistem Pembuangan Emisi Sepeda Motor. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Particulate Matter atau PM merupakan salah satu emisi yang dapat berasal dari sektor transportasi sebagai dampak dari peningkatan penggunaan kendaraan bermotor. Particulate Matter dengan diameter kurang dari 0.1 μm disebut partikel ultrafine. Konsentrasi partikel ultrafine banyak ditemukan di udara karena proses pembakaran di kendaraan bermotor. Partikel ultrafine, dapat berdampak pada kesehatan karena mampu terdeposisi di dalam sistem organ. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan filter berbasis elektrostatis untuk mengurangi konsentrasi partikel ultrafine yang diemisikan oleh sepeda motor. Filter dibuat dari plat alumunium dengan ketebalan 0,15 mm digunakan sebagai elektroda positif dan negatif. Plat alumunium ditempatkan pada bingkai filter akrilik dan dipasang pada knalpot sepeda motor. Terdapat empat buah filter partikulat yang berbeda dengan empat variasi jarak antar plat antara lain F1 14 mm, F2 12 mm, F3 10 mm, dan F4 8 mm. Rangkaian pengkondisi sinyal dirancang untuk mengubah tegangan arus searah 12 Volt dari aki sepeda motor menjadi 100 Volt, 200 Volt, 300 Volt, dan 400 Volt. Konsentrasi partikel ultrafine sebelum dan sesudah menggunakan filter diukur menggunakan P-Trak Ultrafine Particle Counter TSI, Model 8525. Pengukuran ini dilakukan selama 1 jam dengan interval waktu 5 menit. Dari hasil penelitian diketahui bahwa filter dapat mengurangi konsentrasi partikel ultrafine dengan efisiensi 11% hingga 55% tergantung pada jarak antar plat dan tegangan.
English Abstract
PM or particulate matter is one of the emissions that can be generated from the transportation sector as the side impact of the motorcycle usage growth. Particulate matter with the diameter less than 0.1 μm is called as ultrafine particles. Ultrafine particles concentrations are found in the air because of the combustion process in motorcycle. Ultrafine particles, has significant health impact were is related to the deposition ability in organ system. In this study, we aimed to developed an electrostatic-based filter to reduce the concentration of ultrafine particles emitted by the motorcycle exhaust system. The filter were made of aluminum plate with a thickness of 0.15 mm were used as the positive and negative electrodes. They were placed onto an acrylic filter frame and installed on the motorcycle muffler. There were four different filters in different filter gaps such as F1 14 mm, F2 12 mm, F3 10 mm, and F4 8 mm. A signal conditioner circuit was designed to convert 12 Volt direct current voltage from motorcycle accumulator to 100 Volt, 200 Volt, 300 Volt, and 400 Volt. The ultrafine particles concentration before and after passing through filters were measured using a P-Trak Ultrafine Particle Counter TSI, Model 8525. The measurements were conducted for an hour with an interval time of five minutes per sampling. The results show that the filters can reduce the ultrafine particles concentration with the efficiency of 11% to 55 % depending on the gap filters and voltage field
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520090200 |
Uncontrolled Keywords: | arus searah, efisiensi filter, elektrostatis, sepeda motor, tegangan tinggi, partikel ultrafine |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 537 Electricity and electronics > 537.2 Electrostatics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Instrumentasi Fisika |
Depositing User: | ismanto |
Date Deposited: | 13 Feb 2021 10:47 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 06:43 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183038 |
Text
Octora Achbrinia Puspitasari.pdf Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |