Pengaruh media air ledeng dan air sungai dengan konsentrasi yang berbeda terhadap kelainan morfologi dan fisiologi organ embrio ikan zebra (Danio Rerio)

Tomu, Muhamad Fajar Sidik (2020) Pengaruh media air ledeng dan air sungai dengan konsentrasi yang berbeda terhadap kelainan morfologi dan fisiologi organ embrio ikan zebra (Danio Rerio). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ikan zebra (Danio rerio) merupakan golongan ikan cyprinid yang mempunyai ukuran tubuh kecil, yaitu antara 3-5 cm. Pada tubuh ikan zebra ditutupi oleh garis-garis berwarna putih kekuningan dan hitam yang berawal dari pangkal ekor sampai operculum. Garis horizontal ini memperlihatkan ramping pada ikan jantan. Warna pada ikan jantan terlihat lebih cerah dan menarik dibandingkan dengan ikan betina. Bentuk tubuh ikan zebra pipih dengan perut sedikit membundar. Pada betina yang sudah matang gonad, perut akan tampak sangat membundar. Siklus ikan zebra ada 4 yaitu embrio, larva, anak-anak dan dewasa. Ikan zebra (Danio rerio) banyak digunakan untuk penelitian biomedis. Embrionya yang transparan dan organogenesis yang cepat serta genetiknya mudah dimanipulasi. Media yang digunakan pada penilitian ini yaitu air ledeng dan air sungai. Air ledeng merupakan air bersih yang digunakan oleh masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari. Air sungai yang digunakan ialah air sunga metro. Sungai Metro di Kota Malang dimanfaatkan oleh masyarakat yang berada di sekitar sungai sebagai tempat pembuangan air limbah dari aktivitas rumah tangga seperti Mandi, mencuci, dan aktifitas buang air besar, industri, limpasan dari aktivitas pertanian dan pembuangan limbah dari pasar. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa pengaruh air ledeng dan air sungai terhadap fisiologis dan morfologi embrio ikan zebra (Danio rerio) yang meliputi mortalitas, detak jantung, daya tetas, survival rate dan abnormalitas. Penelitian ini dilakukan pada bulan februari sampai maret 2020 yang berlokasi di Laboratorium Reproduksi Ikan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya, Malang. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen. Metode eksperimen adalah metode yang dilakukan secara sengaja oleh peneliti dengan cara memberikan perlakuan tertentu terhadap subjek penelitian guna membangkitkan sesuatu kejadian yang akan diteliti bagaimana akibatnya. Pengambilan data penelitian ini yaitu data primer da data sekunder. Analisis data yang digunakan yaitu Anova apabila terjadi perbedaan signifikan akan dilanjutkan dengan Uji Tukey. Penelitian ini menggunakan empat perlakuan dengan konsentrasi yang berbeda yaitu 0%, 50%, 75% da 100%. Konsentrasi tersebut mempengaruhi perkembangan embrio. Pemaparan dengan media air ledeng menimbulkan mortalitas sebesar 38%. Pada media air sungai menimbulkan mortalitas sebesar 45%.. pada media air ledeng dan air sungai tidak mengalami malformasi serta telur menetas dengan sempurna. Hasil analisis menggunakan one-way Anova serta dilanjutkan dengan uji tukey menunjukkan bahwa perbedaan konsentrasi yang digunakan memberikan pengaruh berbeda nyata terhadap daya tetas, mortalitas, detak jantung dan survival rate. Lamanya waktu pemaparan juga dapat memperngaruhi tingkat daya tetas, detak jantung, survival rate mortalitas terhadap embrio ikan zebra.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520080234
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.085 Feeds and applied nutrition > 636.085 2 Applied nutrition
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 20 Feb 2021 07:12
Last Modified: 11 Apr 2023 01:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183031
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhamad Fajar Sidik Tomu (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item