Saputra, Angga Dwi (2020) Penyusunan Strategi Bisnis Pada Usaha Bangga Supplier Dalam Menghadapi Persaingan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Berkembangnya ekonomi pada industri pariwisata di Kota Malang, memberikan dampak positif bagi hadirnya wirausaha pendukung sektor pariwisata seperti usaha di bidang supplier bahan baku makanan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan strategi bisnis pada Bangga Supplier dalam memenangkan persaingan usaha dengan menggunakan serangkaian alat analisis yang terdiri dari Matriks EFE, Matriks IFE, Matriks SWOT, Matriks IE, dan Matriks QSPM. Jenis penelitian ini adalah kualitatif studi kasus, pada objek penelitian Bangga Supplier. Metode pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Metode analisis permasalahan yang digunakan adalah dengan tahapan penyusunan strategi menurut Fred R. David. Berdasarkan hasil analisis tersebut didapatkan bahwa peluang yang dihadapi Bangga Supplier lebih besar daripada ancaman serta perusahaan memiliki kelemahan internal yang lebih besar daripada kekuatan. Pilihan strategi yang dihasilkan pada matriks SWOT adalah Kelemahan-Peluang. Mengacu pada matriks IE, perusahaan berada di kuadran I yaitu kondisi tumbuh dan berkembang. Pada matriks SPACE menghasilkan strategi alternatif yaitu strategi agresif. Alternatif strategi yang dihasilkan adalah strategi pengembangan produk dan penetrasi pasar. Serta strategi prioritas yang akan diterapkan adalah strategi penetrasi pasar.
English Abstract
The economic development in tourism industry in the city of Malang, has a positive impact on the presence of supporting businesses in the tourism sector such as businesses in the supplier field of raw food materials. This study aims to provide a business strategy for Bangga Supplier in winning the business competition using a series of analysis tools consisting of EFE Matrix, IFE Matrix, SWOT Matrix, IE Matrix, and QSPM Matrix. The type of the research is qualitative case study, with Bangga Supplier as the research object. The data gathering methods that are used in this research are observation, in-depth interviews, and documentation. The problem analysis method used is the stages of strategy formulation according to Fred R. David. Based on the results of the analysis it was found that the opportunities faced by Bangga Supplier are greater than the threats and also the company itself has greater internal weaknesses than strengths. The choice of strategy produced on the SWOT matrix is Weakness-Opportunity. Referring to the IE matrix, the company is in quadrant I, which is grow and build. In the SPACE matrix produced an alternative strategy is aggressive strategy. The alternative strategies produced is the product development strategy and market penetration. And the priority strategy that will be applied is the market penetration strategy.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520020039 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.401 Planning, policy making, control, quality management > 658.401 2 Planning and policy making |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 08 Feb 2021 15:43 |
Last Modified: | 11 Apr 2023 03:14 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/182731 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
ANGGA DWI SAPUTRA.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |