Aulia, Nadirah (2020) Penerapan Analisis Jalur Pada Kualitas Produk Dan Citra Merek Muson (Mushroom Noodle) Terhadap Kepercayaan Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Analisis jalur adalah metode yang digunakan untuk menganalisis hubungan kausalitas antar variabel eksogen dan variabel endogen. MUSON (Mushroom Noodle) merupakan produk baru makanan mi instan yang sedang berkembang. Sebagai produk baru, produsen harus mengamati perkembangan muson dari waktu ke waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan analisis jalur pada produk MUSON dengan menggunakan metode analisis jalur. Variabel yang digunakan pada penelitian ini antara lain: kualitas produk dan citra merek sebagai variabel eksogen, kepercayaan sebagai variabel endogen dan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada konsumen MUSON. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan dapat dijelaskan kualitas produk, citra merek dan kepuasan konsumen sebesar 74,5%, sedangkan sisanya sebesar 25,5% dijelaskan oleh variabel yang belum terdapat pada model. Kepuasan konsumen mampu menjadi variabel perantara. Kualitas produk berpengaruh secara langsung dan tidak langsung melalui variabel intervening (kepuasan konsumen) terhadap kepercayaan. Citra merek berpengaruh hanya secara langsung terhadap kepercayaan. Pengaruh terbesar untuk kepercayaan diberikan oleh kepuasan konsumen. Produsen produk MUSON (Mushroom Noodle) harus mempertahankan kepuasan konsumen karena sangat besar mempengaruhi kepercayaan dari konsumen.
English Abstract
Path analysis is a method used to analyze the causality relationship between exogenous variables and endogenous variables. MUSON (Mushroom Noodle) is a new instant noodles product that is developing. As a new product, owner of MUSON must observe the development of the MUSON. The purpose of this research is to applying path analysis on MUSON products using the path analysis method. The variables used in this research include: product quality and brand image as an exogenous variable, trust as an endogenous variable and customer satisfaction as an intervening variable. The data used are primary data obtained from distributing questionnaires to MUSON consumers. The results of this research indicate that trust can be explained by product quality, brand image and consumer satisfaction by 74.5%, while the remaining 25.5% is explained by variables that are not yet present in the model. Consumer satisfaction can be an intervening variable. Product quality affects directly and indirectly through intervening variables (customer satisfaction) on trust. Brand image only affects directly to trust. The biggest affects on trust is given by consumer satisfaction. The owner of MUSON (Mushroom Noodle) products must maintain customer satisfaction because it greatly affects the trust of consumers.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520090139 |
Uncontrolled Keywords: | Analisis Jalur, MUSON (Mushroom Noodle), Variabel Intervening |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics > 519.5 Statistical mathematics > 519.53 Descriptive statistics, multivariate analysis, analysis of variance and covariance > 519.536 Regression analysis |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika |
Depositing User: | ismanto |
Date Deposited: | 07 Feb 2021 03:37 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 07:31 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/182691 |
Text
fix -Nadirah Aulia.pdf Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |