Pengembangan Filter Partikulat Pm10 Berbasis Elektrostatis Tegangan Tinggi Arus Searah Untuk Sistem Pembuangan Emisi Sepeda Motor

Putra N., Moch. Agung (2020) Pengembangan Filter Partikulat Pm10 Berbasis Elektrostatis Tegangan Tinggi Arus Searah Untuk Sistem Pembuangan Emisi Sepeda Motor. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sepeda motor menjadi penyumbang terbesar pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor di Indonesia. Pertumbuhan ini berkontribusi terhadap meningkatnya emisi kendaran bermotor yang mengandung gas dan Particulate Matter (PM) yang dapat menimbulkan efek terhadap kesehatan. PM10 merupakan partikulat yang memiliki diameter aerodinamis sekitar 2.5 μm hingga 10 μm. Filtrasi merupakan cara yang paling umum digunakan dalam mengurangi atau menghilangkan jumlah partikel yang dihasilkan oleh emisi kendaraan bermotor. Dalam penelitian ini telah dihasilkan sebuah sistem filtrasi PM10 berbasis elektrostatis dengan menggunakan tegangan tinggi arus searah yang dapat diaplikasikan ke sepeda motor. Filter dibuat menggunakan plat aluminium dengan ketebalan 0,15 mm sebagai probe anoda dan katoda. Terdapat empat buah variasi jarak antar plat, yakni: F1 dengan jarak 14 mm, F2 dengan jarak 12 mm, F3 dengan jarak 10 mm, dan F4 dengan jarak 8 mm. Tegangan yang berasal dari aki sebesar 12 V dikuatkan menjadi 100 V, 200 V, 300 V, dan 400 V dengan rangkaian pengkondisi sinyal. Pengujian dilakukan dengan mengukur konsentrasi PM10 sebelum dan sesudah melewati filter menggunakan Handheld Air Tester Hinaway CW-HAT200s. Hasil penelitian menunjukkan nilai efisiensi filter PM10 berkisar antara 22±4% hingga 70±6% bergantung pada jarak antar plat dan tegangan yang digunakan.

English Abstract

Motorcycles are the biggest contributor to the growth in the number of motorized vehicles in Indonesia. This growth contributes to the increase in emissions of motorized vehicles containing gases and Particulate Matter (PM) which can cause health effects. PM10 is a particulate that has an aerodynamic diameter of around 2.5 μm to 10 μm. Filtration is the most common method used in reducing or eliminating the number of particles produced by motor vehicle emissions. In this research an electrostatic-based PM10 filtration system has been produced using a high voltage direct current that can be applied to motorcycles. The filter is made using an aluminum plate with a thickness of 0.15 mm as an anode and cathode probe. There are four variations in the distance between the plates, namely: F1 with a distance of 14 mm, F2 with a distance of 12 mm, F3 with a distance of 10 mm, and F4 with a distance of 8 mm. The voltage from the 12 V battery is amplified to 100 V, 200 V, 300 V, and 400 V with the signal conditioning circuit. The test is done by measuring the concentration of PM10 before and after passing the filter using the Hinaway CW-HAT200s Handheld Air Tester. The results showed the efficiency value of PM10 filters ranged from 22 ± 4% to 70 ± 6% depending on the distance between the plates and the voltage used.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520090124
Uncontrolled Keywords: arus searah, efisiensi filter elektrostatis, emisi sepeda motor, filter partikulat, PM10
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 537 Electricity and electronics > 537.2 Electrostatics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Instrumentasi Fisika
Depositing User: ismanto
Date Deposited: 06 Feb 2021 14:36
Last Modified: 01 Oct 2024 02:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/182642
[thumbnail of -Moch. Agung Putra Nurwahyudi.pdf] Text
-Moch. Agung Putra Nurwahyudi.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item