Kurniawati, Karina (2020) Analisis Regresi Logistik Multinomial Dengan Peubah Dummy Untuk Mengetahui Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Memilih Aplikasi Belanja Online. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Analisis regresi logistik multinomial merupakan analisis regresi logistik yang digunakan saat perubah respon bersifat kualitatif dan mengikuti sebaran multinomial. Peubah dummy merupakan peubah yang digunakan untuk menunjukkan suatu peubah penduga yang bersifat kualitatif. Analisis regresi logistik multinomial dengan peubah dummy digunakan pada penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa memilih aplikasi belanja online berdasarkan jenis kelamin. Data yang digunakan merupakan data primer hasil angket yang disebarkan kepada mahasiswa aktif Fakultas MIPA Universitas Brawijaya angkatan 2016-2018. Teknik sampling yang digunakan adalah proporsionate stratified random sampling dan ditetapkan sampel sebesar 150 mahasiswa. Hasil pengujian parameter model regresi logistik multinomial secara parsial menunjukkan peubah jenis kelamin sebagai peubah dummy berpengaruh signifikan terhadap peubah respon, sehingga terdapat delapan model logit yang terbentuk dimana empat model logit untuk jenis kelamin laki-laki dan empat model logit untuk jenis kelamin perempuan. Berdasarkan tujuh peubah prediktor yang diteliti, terdapat satu peubah prediktor yang tidak berpengaruh signifikan terhadap peubah respon, yaitu peubah harga, sehingga faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam memilih aplikasi belanja online berdasarkan jenis kelamin laki-laki dan perempuan adalah produk, promosi, sistem pembayaran, risiko barang, logistik, dan teknologi informasi.
English Abstract
Multinomial logistic regression analysis is a logistic regression analysis that use for when the response variable is qualitative and follows the multinomial distribution. Dummy variables are variables that indicates a qualitative estimator variable. The function of multinomial logistic regression analysis with dummy variables in this study is to find out the factors that influence students for choosing online shopping applications based on the gender. The used data here are the primary data from the questionnaire that distributed to the active students of the Faculty of Mathematics and Natural Sciences Brawijaya University generation 2016 until 2018. The sampling technique that is used to was the proportional stratified random sampling and a sample of 150 students. The results of multinomial logistic regression model parameters partially showed that the sex variable as a dummy variable had a significant effect on the response variable, so there were eight logit models and they are divided by four male logit models and four female logit models. Based on the seven predictor variables that was studied, there is one predictor variable that has no significant effect on the response variable, the price variable, so the factors that influence students for choosing online shopping applications based on male and female are product, promotion, payment system, goods risk, logistics and the information technology.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520090109 |
Uncontrolled Keywords: | Belanja Online, Peubah Dummy, Regresi Logistik Multinomial, Malang |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika |
Depositing User: | ismanto |
Date Deposited: | 06 Feb 2021 09:34 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 02:25 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/182601 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
0520090109 - Karina Kurniawati.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |