Analisis Pengaruh Konsentrasi Vanadat Terhadap Pertumbuhan Chlorella vulgaris

Pradwi, Falah Maddah (2020) Analisis Pengaruh Konsentrasi Vanadat Terhadap Pertumbuhan Chlorella vulgaris. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mikroalga menjadi produsen primer dan menduduki trofik awal dari rantai makanan di ekosistem perairan sehingga menjadi komponen penting dalam suatu perairan. Mikroalga juga menjadi salah satu faktor pendukung dari keberhasilan kegiatan budidaya perairan dengan dimanfaatkan sebagai pakan alami. Selain digunakan dalam bidang budidaya perairan, mikroalga juga dimanfaatkan dalam bidang industri maupun kedokteran. Chlorella vulgaris merupakan alga hijau bersel tunggal (uniseluler) dan berbentuk bulat seperti telur dengan diameter sel berukuran antara 2-8 mikron meter. Alga ini berwarna hijau karena memiliki pigmen klorofil yang dominan dibandingkan dengan pigmen yang lain. Chlorella vulgaris mengandung berbagai bahan kimia penting di dalamnya dan memiliki pertumbuhan yang relatif cepat. Laju pertumbuhan Chlorella vulgaris tidak terlepas dari ketersediaan nutrisi dan kondisi lingkungan yang sesuai untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Peningkatan pertumbuhan Chlorella vulgaris dapat dilakukan dengan mengontrol kualitas air serta suplai nutrisi melalui modifikasi media kultur. Salah satu senyawa yang dapat digunakan untuk memacu pertumbuhan mikroalga adalah vanadat. Vanadat merupakan bentuk oksidasi dari vanadium. Vanadat memiliki struktur kimia yang mirip dengan fosfat baik struktur, analogi kelistrikan dan reaksi protonasi dengan fosfat. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh konsentrasi vanadat terhadap pertumbuhan Chlorella vulgaris dan menganalisis konsentrasi vanadat yang optimal bagi pertumbuhan Chlorella vulgaris. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan percobaan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Perlakuan konsentrasi yang digunakan adalah 2,4 mg/l; 0,24 mg/l; 0,024 mg/l; 0,0024 mg/l; 0,001 mg/l. Hasil pertumbuhan pada media-media tersebut dibandingkan dengan media walne (1 ml/l). Analisis data menggunakan sidik ragam dua arah (two-way ANOVA). Parameter utama yang diamati yaitu pertumbuhan Chlorella vulgaris. Parameter pendukung yang diamati yaitu suhu, salinitas, pH dan DO (Dissolve Oxygen). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Ramaraj dengan dosis berbeda berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan Chlorella vulgaris. Perlakuan terbaik selama penelitian terhadap perlakuan konsentrasi vanadat adalah perlakuan 0,0024 mg/l dengan hasil kepadatan sel maksimum 1253 x 104 sel/ml. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah perlu dilakukan pengukuran parameter kualitas air yang lain seperti nitrat, fosfat dan CO2 agar dapat dianalisis lebih jelas faktor apa yang berpengaruh terhadap pertumbuhan Chlorella vulgaris. Hasil penelitian ini dapat menjadi rujukan untuk penelitian terkait pengaruh vanadat terhadap pertumbuhan mikroalga dalam skala kultur yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520080135
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 579 Natural history of microorganisms, fungi, algae > 579.8 Algae / Algae culture / Microalgae--Cultures and culture media
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 20 Feb 2021 07:10
Last Modified: 17 Apr 2023 03:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/182573
[thumbnail of DALAM MASA EMBERGO] Text (DALAM MASA EMBERGO)
Falah Maddah Pradwi_Skripsi - Falah Maddah Pradwi (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item