Model Kecelakaan Yang Melibatkan Pengendara Mobil di Kota Malang

Aninditta, Ratih Putri (2020) Model Kecelakaan Yang Melibatkan Pengendara Mobil di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan kendaraan sebagai alat transportasi membawa dampak positif bagi pemenuhan dan peningkatan kesejahteraan manusia, terutama sebagai alat mobilisasi guna memperlancar aktivitas sehari-hari. Namun hal ini juga diiringi dengan timbulnya beberapa dampak negatif yang tidak diinginkan, seperti kemacetan dan meningkatnya angka kecelakaan lalu lintas. Kota Malang adalah kota terbesar kedua setelah kota Surabaya di daerah Jawa Timur sebagai pusat pendidikan, pariwisata, ekonomi dan industri. Hal tersebut menyebabkan timbulnya arus keluar masuk manusia dan barang dalam jumlah yang besar dan berkelanjutan, sehingga menimbulkan pertumbuhan. Pertumbuhan ini menimbulkan dampak pada peningkatan kebutuhan pergerakan ke berbagai wilayah di Kota Malang. Pertambahan jumlah kendaraan bermotor di Kota Malang yang tidak diimbangi dengan peningkatan prasarana transportasi dapat menyebabkan permasalahan pada lalu lintas seperti kecelakaan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model kecelakaan berdasarkan karakteristik pengendara dan karakteristik jalan pada pengendara mobil di Kota Malang. Metode yang digunakan untuk mengetahui model kecelakaan berdasarkan karakteristik pengendara mobil di Kota Malang adalah dengan menggunakan analisis regresi logistik. Sedangkan untuk mengetahui model kecelakaan berdasarkan karakteristik jalan yang dilalui pengendara mpbil di Kota Malang adalah dengan menggunakan analisis GLM (Generalized Lienar Model). Adapaun dari hasil yang diperoleh bahwa karakteristik pengendara variabel yang berpengaruh dalam meningkatkan jumlah kecelakaan yaitu jenis kelamin laki-laki, dengan waktu aktivitas pada pukul 18.00 – 00.00 dengan perilaku yaitu tidak menggunakan sabuk pengaman. Sedangkan pada karakteristik jalan variabel yang berpengaruh dalam meningkatkan jumlah kecelakaan yaitu volume kendaraan.

English Abstract

The development of vehicles as a means of transportation has a positive impact on the fulfillment and improvement of human welfare, especially as a means of mobilization in order to facilitate daily activities. But this is also accompanied by the emergence of several undesirable negative impacts, such as congestion and increasing numbers of traffic accidents. Malang City is the second largest city after Surabaya in East Java as a center for education, tourism, economy and industry. This causes the outflow of people and goods in large quantities and sustainable, causing growth. This growth has an impact on increasing the need for movement to various regions in Malang. The increase in the number of motorized vehicles in the city of Malang which is not matched by an increase in transportation infrastructure can cause traffic problems such as accidents The aim of this research is to determine the accident model based on driver characteristics and road characteristics of car drivers in the city of Malang. The analysis method used to determine the accident model based on the characteristics of car drivers in Malang is using logistic regression analysis. Meanwhile, to determine the accident model based on the characteristics of the road traversed by motorists in Malang is to use the GLM (Generalized Lienar Model). As for the results obtained that the variable driver characteristics that influence in increasing the number of accidents are male sex, with activity time at 18:00 - 00:00 with behavior that is not using a seat belt. While the variable road characteristics that influence in increasing the number of accidents are the vehicle volume.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520070110
Uncontrolled Keywords: Model-Kecelakaan, Karakteristik-pengendara, Pengendara-Mobil, Generalised-Linear-Models , Model-Accident, Driver-Characteristics, Car-Driver, Generalized-LinearModels
Subjects: 300 Social sciences > 363 Other social problems and services > 363.1 Public safety programs > 363.12 Transportation hazards > 363.125 Highway and urban vehicular transportation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Bambang Septiawan
Date Deposited: 16 Feb 2021 22:15
Last Modified: 26 Sep 2024 07:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/182567
[thumbnail of Ratih Putri Aninditta.pdf] Text
Ratih Putri Aninditta.pdf

Download (10MB)

Actions (login required)

View Item View Item