Pengaruh Konduktivitas Termal Lapisan pada Bio Heat Transfer Terhadap Distribusi Temperatur pada Kulit Manusia dengan Menggunakan Metode Finite Difference

Ramadhan, Fakhrizal Azka (2020) Pengaruh Konduktivitas Termal Lapisan pada Bio Heat Transfer Terhadap Distribusi Temperatur pada Kulit Manusia dengan Menggunakan Metode Finite Difference. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dapat ditemukan hubungan antara ilmu satu dengan lainnya yang akan membentuk suatu keilmuan baru. Salah satu keilmuan baru yaitu biomekanika. Biomekanika merupakan hubungan antara ilmu biologi dengan ilmu mekanika. Dalam perkembangannya ilmu mekanika mampu menjelaskan dan menilai ilmu biologi secara ilmiah.Salah satu ilmu mekanika dan biologi adalah bioheat transfer yang diaplikasikan pada kulit manusia. Salah satu faktor yang berpengaruh pada perambatan panas jaringan kulit adalah konduktivitas termal sebagai ukuran kemampuan bahan untuk menghantarkan panas. Akan tetapi, beberapa penelitian sebelumnya menggunakan parameter yang disamakan dengan air dan metode yang digunakan rumit, sehingga diperlukan penggunaan parameter yang lebih nyata dan metode yang sederhana dalam menunjang ilmu pengetahuan. Pada penelitian ini akan diteliti lebih lanjut tentang perpindahan panas pada jaringan kulit yang memiliki konduktivitas termal lapisan yang berbeda dengan menggunakan persamaan Pennes yang terdeskretisasi oleh metode finite difference satu dimensi. parameter yang digunakan menggunakan ketentuan sampel berusia 20-30 tahun dan sehat. Parameter tersebut akan dimasukkan pada model matematika yang dibuat dan hasil yang berupa distribusi temperatur akan dibandingkan dengan rumus analitiknya sehingga didapatkan pengaruh konduktivitas termal lapisannya. Dari penelitian ini didapatkan model matematika bioheat transfer pada kulit yang terdekretisasi dengan metode finite difference dalam domain satu dimensi serta pengaruh konduktivitas termal lapisannya. Hasil persamaan terdeskretisasi akan dibandingkan dengan hasil eksak Dzong. hasil perbandingan penelitian menunjukkan nilai eror dibawah 0,15% sehingga metode dapat dikatakan valid. Pengaruh konduktivitas termal lapisan kulit manusia dalam metode finite difference satu dimensi terhadap distribusi temperatur adalah tidak signifikan. Temperatur yang terdistribusi meningkat dari titik menuju titik lainnya.

English Abstract

Development of science can be found with relationship between science and another that form a new science One of the new sciences is biomechanics with one of its scientific fields is bioheat transfer which is applied to human skin. One of the factors that influence the heat propagation of skin tissue is thermal conductivity as ability of materials to conduct heat. However, some previous studies are used water parameters and equated with complex methods. In supporting science need more realistic parameters and simple methods. In this study will research the heat transfer in human skin tissue that has different thermal conductivity layers by using the one-dimensional finite difference method. The parameters used are 20-30 years old and healthy. These parameters will be entered in the mathematical model created and calculated with form of temperature distribution. From this study obtained model Bioheat transfer on human skin using Pennes equation that discrete by finite difference method in a single-dimensional domain and the effect of thermal conductivity layers. The results of comparative studies from finite difference method and analytical indicate an error value below 0,15% so the method can be accepted. The effect of thermal conductivity layers in human skin with finite difference is not significant. Distributed temperature increases from point to point.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520070103
Uncontrolled Keywords: Bioheat transfer, konduktivitas termal, kulit , Bioheat transfer, thermal conductivity, skin
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering and allied operations > 620.1 Engineering mechanics and materials
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Bambang Septiawan
Date Deposited: 06 Feb 2021 23:27
Last Modified: 12 Jan 2023 04:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/182541
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
0520070103-Fakhrizal Azka Ramadhan.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item