Suseno, Achmad Aji (2020) Analisis Perumusan Strategi Bisnis Pada UMKM Clothing Jovens. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Ketatnya kompetisi didalam berbisnis saat ini menuntut setiap pelaku usaha lebih teliti dan terarah dalam menentukan strategi supaya lebih memfokuskan diri dalam persaingan baik pengembangan produk maupun pemasarannya. Oleh sebab itu pentingnya perumusan strategi bagi pelaku bisnis untuk keberlangsungan jalannya usaha agar dapat bersaing dengan banyaknya pesaing yang ada. Clothing JOVENS merupakan salah satu UMKM yang bergerak dibidang fashion menciptakan kaos dengan desain unik berdiri pada tahun 2018 di Grati kabupaten Pasuruan. Selama sekitar satu tahun lebih usaha berjalan, penjualan produk yang ditawarkan Clothing JOVENS bisa dikatakan belum stabil. Minimnya kegiatan pemasaran dan belum maksimal dalam perencanaan menjalankan usaha menjadi penyebab ketidakstabilan penjualan pada Clothing JOVENS. Hal tersebut yang melatarbelakangi untuk melakukan penelitian ini, dengan mengidentifikasi faktor eksternal dan internal usaha Clothing JOVENS, melakukan formulasi strategi, hingga menghasilkan keputusan strategi yang tepat guna kelangsungan jalannya usaha. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dari wawancara dan data sekunder dari dokumentasi dan observasi. Alat analisis yang digunakan adalah Matriks IFE-EFE, SWOT, IE dan QSPM. Hasilnya menunjukkan bahwa strategi yang tepat untuk digunakan Clothing JOVENS adalah strategi penetrasi pasar, dengan upaya meningkatkan pangsa pasar atau market share dari suatu produk melalui usaha yang lebih besar.
English Abstract
The current high competition in business requires businesspeople to be more meticulous and well-oriented in determining their strategies for both product development and marketing purposes. Therefore, strategy formulation is crucial for them to ensure their business sustainability amidst the emergence of competitors. Clothing JOVENS is a micro, small, and medium-sized enterprise engaged in fashion business. Established in 2018 in Grati sub-district of Pasuruan regency, this venture produces t-shirt with distinctive designs. After one year of operation, the sales of this company have not reached stability; poor marketing activities and sub-optimal planning are the causes. Using the fact as the research background, this study tries to identify the internal and external factor of the company, from which strategies can be derived to be used by the company to improve its business sustainability. This qualitative descriptive study uses primary data from interviews and secondary data form documentations and observations. Using IFE-EFE, SWOT, IE, and QSPM matrices, this study suggests Clothing JOVENS to apply market penetration strategy by expanding the market share of their products through a larger business.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520020012 |
Uncontrolled Keywords: | strategi, analisis SWOT, strategi penetrasi pasar, strategy, SWOT analysis, market penetration strategy |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.401 Planning, policy making, control, quality management > 658.401 2 Planning and policy making |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 06 Feb 2021 11:58 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 03:45 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/182527 |
Text
Achmad Aji Suseno.pdf Download (6MB) |
Actions (login required)
View Item |