Analisis Komunikasi Peternak Sapi Potong Skala Kecil Yang Terintegrasi Dengan Tanaman Pangan

Maharani, Quintanti Putri (2020) Analisis Komunikasi Peternak Sapi Potong Skala Kecil Yang Terintegrasi Dengan Tanaman Pangan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sektor pertanian memiliki beberapa bagian subsektor yaitu subsektor tanaman pangan, subsektor perkebunan, subsektor perikanan, subsektor hortikultura dan subsektor peternakan. Subsektor peternakan memiliki peranan yang sangat penting dalam mendukung pencapaian ketahanan pangan nasional. Pengembangan bisnis disektor peternakan merupakan bisnis yang menjanjikan dalam meningkatkan pendapatan masyarakat. Memiliki komunikasi yang baik dengan sesama peternak, blantik dan dinas peternakan adalah keberhasilan yang penting dalam bisnis peternakan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan tokoh utama melalui jaringan komunikasi formal dan informal mengguanakan Social Network Analysis (SNA). Pengembangan usaha ternak sapi potong tidak terlepas dari usaha ternak rakyat. Komunikasi merupakan faktor yang paling berpengaruh dalam usaha peternakan sapi potong, karena peternak perlu sering berkomunikasi dengan sesama peternak, blantik, Dinas Peternakan. Tujuan dari komunikasi untuk mengetahui bagaimana pola jaringan komunikasi dan siapa yang menjadi tokoh utama dalam komunikasi tersebut. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Ringinrejo, Kabupaten Kediriri. Tahapan yang dilakukan adalah melakukan pemetaan komunikasi yang sesuai dengan menggunakan analisis UCINET 6.682. Hasil penelitian bahwa pada nilai in degree yaitu peran peternak sangat besar dalam komunikasi yaitu 77,778%. Kemampuan peternak dalam bertukar informasi terjadi kepada semua aktor blantik dan aktor dinas peternakan menjadikannya tokoh dalam jaringan komunikasi. Pada aktor blantik nilai out degree 100%. Kemampuan blantik dalam bertukar informasi dan kesinambungan dengan pihak lain sangat baik artinya blantik menguasai segi teknis dan memberikan output yang baik untuk tokoh dari segi komunikasi dan mampu memberikan informasi yag baik bagi aktor lain.

English Abstract

This research aims to analyzing communication network patterns to know the main communication’s character between farmers, brokers and livestock services. The study was conducted in Ringinrejo District, Kediri Regency. The steps taken are mapping the appropriate communication using UCINET 6.682 analysis. The results of the research showed the highest degree’s value is the role of farmer (77.777%). The ability of farmers to exchange information occurs to all actors in the field and livestock service actors make it a figure in the communication network. In the broker actor the value of out degree is 100%. The ability of faculties in exchanging information and continuity with other parties is very good, which means that masters can master technical aspects and provide good output for figures in terms of communication and are able to provide good information for other actors.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520050116
Uncontrolled Keywords: Farmer, Broker, Livestock service, Communication
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.2 Cattle and related animals > 636.21 Cattle for specific purposes > 636.213 092 Cattlemen
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 Feb 2021 05:38
Last Modified: 17 Apr 2023 03:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/182488
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Quintanti Putri Maharani.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item