Peranan Perubahan Nilai Berjilbab Syar’i Dalam Implementasi Strategi Dan Efeknya Terhadap Kinerja Bisnis Pada Usaha Kecil Jilbab (Studi Kasus Pada Faiz Collection Di Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik)

Aslamiyah, Suaibatul (2018) Peranan Perubahan Nilai Berjilbab Syar’i Dalam Implementasi Strategi Dan Efeknya Terhadap Kinerja Bisnis Pada Usaha Kecil Jilbab (Studi Kasus Pada Faiz Collection Di Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan makna perubahan nilai berjilbab syar’i di masyarakat dan pandangan yang mendasari implementasi strategi diferensiasi-fokus melalui pengembangan produk, dan pengembangan pasar oleh pengusaha jilbab serta efeknya dalam meningkatkan kinerja bisnis pada usaha kecil jilbab Faiz Collection di Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa makna perubahan berjilbab syar’i berkaitan dengan nilai-nilai pada jilbab. Nilai pertama adalah nilai budaya; merupakan nilai yang bersumber dari kecenderungan perilaku mayoritas masyarakat Indonesia saat ini, yang dibentuk oleh: (1) sistem religi/ kepercayaan, (2) sistem organisasi sosial, dan (3) sistem pengetahuan. Nilai kedua adalah nilai jilbab; bersumber dari norma-norma dalam penggunaan jilbab, yang dibentuk oleh: (1) sistem religi/ kepercayaan, (2) norma masyarakat, (3) persyaratan, dan (4) manfaat. Nilai ketiga adalah nilai bisnis; merupakan nilai yang bersumber dari peluang bisnis yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, yang dibentuk oleh: (1) nilai konsumen, dan (2) nilai produsen. Nilai-nilai tersebut mendasari perubahan dalam implementasi strategi diferensiasi-fokus oleh pengusaha jilbab. Salah satu bentuk dari perubahan implementasi strategi tersebut adalah pembuatan produk yang berasal dari perubahan kebutuhan konsumen, yakni membuat jilbab syar’i yang sebelumnya tidak diproduksi atau hanya membuat jilbab standar. Efek perubahan kebutuhan pada jilbab yang beralih pada jilbab syar’i terhadap kinerja bisnis, salah satu yang terlihat adalah pada meningkatnya jumlah penjualan yang mencapai dua kali lipat dibandingkan pada jilbab standar. Penelitian ini menegaskan bahwa dalam mengimplemensikan strategi, perubahan lingkungan eksternal memberikan efek terhadap kinerja bisnis, sehingga dibutuhkan upaya pengembangan produk dan pengembangan pasar. Penelitian ini juga memverifikasi bahwa nilai religi yang terdapat pada jilbab merupakan nilai dominan yang mempengaruhi kebutuhan pada pemilihan mode jilbab.

English Abstract

This study aims at describing and explaining the meaning of value changes in sharia-compliant hijab wearing among Moslem society and views that underly the implementation of focused differentiation strategy through product and market development by hijab business entrepreneurs and its effect on the performance improvement of “Faiz Collection”, a small hijab business in Manyar Gresik. This case study applies qualitative descriptive method. The results of the study reveal that the changes of meaning in shariacompliant hijab wearing are related to the values of hijab. The first value is culture, which is based on the behavioral trends of the majority of current Indonesian society formed by: (1) religious/belief system; (2) social organization system; and (3) knowledge system. The second value lies on the hijab, which comes from norms in wearing it, which is constituted by: (1) religious/belief system; (2) social norms; (3) requirements; and (4) benefits. The third value is business, the value coming from business opportunity adapted with people’s need as formed by: (1) consumer value; and (2) producer value. The values influence changes in the implementation of focused differentiation strategy by hijab business entrepreneurs. One of the changes is the production of customer needbased hijab, i.e. sharia-compliant hijab, which was not produced previously since the company only produced regular hijab. The effect of such a trend in shariacompliant hijab wearing is noticeable in business performance: its total sales is twofold of the regular hijab. The aforementioned results affirm that, in terms of strategy implementation, the changes of external environment can influence the business performance requiring product and market development. This study also verifies that the religious value of hijab is the dominant factor affecting people’s choice on hijab modes.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/338.642/ASL/p/2018/041807678
Uncontrolled Keywords: SMALL BUSINESS
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.6 Organization of production > 338.64 Size of enterprises > 338.642 Small business
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 01 Feb 2021 07:18
Last Modified: 29 Aug 2022 03:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/182461
[thumbnail of Suaibatul Aslamiyah.pdf] Text
Suaibatul Aslamiyah.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item