Peran Self-Esteem Terhadap Cyberbullying Pada Aremania

Devinta, Laras Carissa (2020) Peran Self-Esteem Terhadap Cyberbullying Pada Aremania. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah self-esteem yang dimiliki oleh suporter sepak bola klub Arema FC (Aremania) memiliki peran terhadap kecenderungan mereka untuk melakukan cyberbullying. Subjek penelitian ini adalah 250 Aremania yang diperoleh dengan menggunakan accidental sampling. Skor self-esteem diukur menggunakan Rosenberg’s Self-Esteem Scale-Revised dan skor cyberbullying diukur menggunakan skala indikator cyberbullying oleh Tudkuea dan Laeheem yang keduanya telah ditransadaptasi. Analisis data menggunakan Regresi Linear Sederhana memberikan hasil bahwa self-esteem memiliki peran sebesar 17,8% terhadap cyberbullying pada Aremania. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah self-esteem yang dimiliki oleh suporter sepak bola klub Arema FC (Aremania) memiliki peran terhadap kecenderungan mereka untuk melakukan cyberbullying. Subjek penelitian ini adalah 250 Aremania yang diperoleh dengan menggunakan accidental sampling. Skor self-esteem diukur menggunakan Rosenberg’s Self-Esteem Scale-Revised dan skor cyberbullying diukur menggunakan skala indikator cyberbullying oleh Tudkuea dan Laeheem yang keduanya telah ditransadaptasi. Analisis data menggunakan Regresi Linear Sederhana memberikan hasil bahwa self-esteem memiliki peran sebesar 17,8% terhadap cyberbullying pada Aremania.

English Abstract

This research aims to find out whether the self-esteem of Arema Football Club’s supporters (Aremania) play a role in their tendency to commit cyberbullying. Subjects for this research are 250 people of Aremania that were collected with the use of accidental sampling. The score of self-esteem is measured using Rosenberg’s Self-Esteem Scale-Revised and the score of cyberbullying is measured using cyberbullying indicator scale by Tudkuea and Laeheem in which both have been trans adapted. Data analysis is using Simple Linear Regresion and it produced results that shows self-esteem was indeed play a role of 17,8% towards cyberbullying of Aremania.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520110050
Uncontrolled Keywords: aremania, cyberbullying, self-esteem, aremania, cyberbullying, self-esteem.
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 155 Differential and development psychology > 155.2 Individual psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 27 Jan 2021 12:42
Last Modified: 18 Apr 2023 02:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/182066
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item