Analisis Propaganda Politik Yang Dilakukan Cambridge Analytica Untuk Mempengaruhi Pemungutan Suara di Amerika Serikat dan Inggris Tahun 2016

Putra, Kevin Vonny (2020) Analisis Propaganda Politik Yang Dilakukan Cambridge Analytica Untuk Mempengaruhi Pemungutan Suara di Amerika Serikat dan Inggris Tahun 2016. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada tahun 2016, Amerika Serikat mengadakan pemilihan umum presiden yang dimenangkan oleh kandidat Donald Trump beserta wakil nya Mike Pence dengan jumlah suara sebesar 306 Electoral Votes. Di waktu yang sama pemerintah Inggris mengadakan referendum Brexit yang dimenangkan oleh kelompok Pro-Brexit yang mendukung keluar Inggris dari keanggotaan Uni Eropa. Kemenangan Trump serta kelompok Pro-Brexit didukung oleh beberapa alasan, salah satu nya adalah penggunaan targeted ads yang menjadi senjata pamungkas untuk mendapatkan lebih banyak suara. Penelitian ini berusaha menjelaskan proses penyebaran propaganda yang dilakukan oleh Cambridge Analytica selama proses pemungutan suara di kedua negara. Menurut temuan penulis proses penyebaran propaganda nya diawali dengan firma tersebut melakukan riset terhadap demografi politik serta demografi tingkat penetrasi internet di Amerika Serikat dan di Inggris. Langkah kedua adalah penggunaan Big Data yang diolah menggunakan OCEAN Model sehingga menghasilkan profil voters yang menjadi dasar targeted ads oleh firma data marketing tersebut. Kemudian setelah mengetahui target pemilih nya adalah membuat pesan propaganda berupa narasi-narasi yang seram dan langkah terakhir adalah melakukan targeted ads yang disebarkan melalui media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram. Melalui penyebaran propaganda yang dilakukan oleh Cambridge Analytica terdapat beberapa dampak antara lain dipengaruhi nya pilihan politik masyarakat di kedua negara, kemudian kualitas demokrasi yang mengalami penurunan serta muncul nya public distrust terhadap pemerintah di kedua negara.

English Abstract

In the year of 2016, The United States of America held a general presidential election which was won by candidate Donald Trump and his vice president Mike Pence with a total of 306 Electoral Votes. At the same time the British government held a Brexit referendum which was won by the Pro-Brexit group which supported Britain's exit from the European Union partnership. Trump's victory with the Pro-Brexit group is supported by several reasons, one of which uses targeted ads as the ultimate weapon to gather more votes. This research seeks to explain the propaganda process carried out by Cambridge Analytica during the voting process in both countries. According to the authors findings the process of spreading the propaganda began with the firm conducting research on the political demographics as well as the demographic for levels of internet penetration in the United States and in the United Kingdom. The second step is the use of Big Data which is processed using the OCEAN Model to produce voter profiles which form the basis for the targeted ads by the data marketing firm. Then after knowing the target voters is to make the propaganda messages in the form of scary narratives and the last step is to do targeted ads that are spread through social media such as Facebook, Twitter and Instagram. Through the propaganda that carried out by Cambridge Analytica,there are several impacts which are influencing the political choices of the people, then the quality of democracy that decreased and the emergence of public distrust of the governments in both countries.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520110044
Uncontrolled Keywords: Cambridge Analytica, Big Data, Targeted ads, Firehouse of Falsehoods., Cambridge Analytica, Big Data, Targeted ads, Firehouse of Falsehoods
Subjects: 300 Social sciences > 324 The political process > 324.7 Conduct of election campaigns
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 27 Jan 2021 09:09
Last Modified: 01 Oct 2024 02:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/182056
[thumbnail of -Kevin Vonny Putra.pdf] Text
-Kevin Vonny Putra.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item