Kepercayaan Gamer Mobile Lagend Dan Dota II Terhadap Seller Dalam Aktivitas Jual Beli Perangkat Game Online

Kurniawan, Fajar Laksmana (2020) Kepercayaan Gamer Mobile Lagend Dan Dota II Terhadap Seller Dalam Aktivitas Jual Beli Perangkat Game Online. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dibuat dengan bertujuan untuk mengetahui proses yang dimana, kepercayaan gamer kepada seller saat terjadi aktivitas jual beli perangkat game online. Teori yang digunakan dalam penelitian tersebut menggunakan teori dari Robert Putnam mengenai Modal sosial. Di dalam modal sosial terdapat tiga bagian besar bagi kehidupan yang berdampingan yaitu kepercayaan, jaringan dan norma, di setiap aspek tersebut saling berdampingan dan saling tumpang tindih untuk menstabilkan, dan dikarenakan penelitian ini berfokus terhadap kepercayaan dari kedua aktor tersebut. Peneliti ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Dalam teknik pengumpulan data peneliti menggunakan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi lainnya. Hasil dari penelitian, Modal sosial begitu mendapatkan peranan penting bagi penelitian sekarang yang lebih berfokus kepada kepercayaan dalam sebuah aktivitas pembelian perangkat game online. Game sebagai tempat modal sosial bagi gamer, dikarenakan game mempunyai ruang yang dimana gamer bisa saling berinteraksi maupun berkomunikasi dan berbagi informasi sesama pengguna game lain sama halnya dengan kehidupan bermasyarakat yang memiliki ruang tersendiri untuk saling berkomunikasi maupun berinteraksi.

English Abstract

This research was made with the aim to find out the process by which, the gamer's confidence in the seller when there is an activity of buying and selling online game devices. The theory used in this study uses the theory of Robert Putnam regarding social capital. In social capital there are three major parts to living side by side, namely trust, networks and norms, in each of these aspects side by side and overlapping to stabilize, and because this research focuses on the trust of the two actors. This researcher uses a descriptive qualitative research method with a case study approach. In data collection techniques researchers use the results of interviews, observations, and other documentation. The results of the study, social capital is so getting an important role for research now that is more focused on trust in an online gaming device purchasing activity. Games as a place of social capital for gamers, because games have spaces where gamers can interact and communicate with each other and share information with other game users as well as social life that has its own space to communicate and interact with each other.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520110031
Uncontrolled Keywords: Modal Sosial, Kepercayaan Norma, Jaringan, Game Online, Perangkat Game, Sosical Capital, Trust, Norm, Network, Game Online, Game Devices
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.4 Social interaction between groups
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 26 Jan 2021 16:21
Last Modified: 08 Jan 2023 12:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/182031
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Fajar Laksmana Kurniawan (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item