Strategi Pendisiplinan Tubuh Dalam Sekolah Modelling Terhadap Model Muslimah

Dewi, Belinda Tsana (2020) Strategi Pendisiplinan Tubuh Dalam Sekolah Modelling Terhadap Model Muslimah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai strategi pendisiplinan tubuh dalam sekolah modelling terhadap model muslimah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pendisiplinan yang diterapkan di MAWAR Management sehingga siswa dapat mencapai kriteria model muslimah dalam dunia modelling. Penelitian ini menggunakan teori Michael Foucault yang membahas mengenai keterkaitan antara kuasa, pengetahuan, pendisiplinan tubuh dan panoptisisme. Lokasi penelitian di MAWAR Management yang berada di Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik penentuan informan penelitian ini yaitu purposive sampling dengan melibatkan informan kunci, informan utama dan informan tambahan. Hasil dari penelitian membawakan sebuah fakta bahwa pengetahuan yang berasal dari wacana model profesional dan seorang muslimah ternyata beberapa hal yang tidak sesuai ketika sudah terjadi dilapangan begitupun penerapan pendisiplinan tubuh yang meliputi pengawasan hierarki, normalisasi dan pengujian yang tidak berjalan dengan lancar sebab hanya segilir orang yang dianggap mampu menjadi seorang model, mereka yang lebih dominan untuk diawasi sedangkan siswa yang lain diacuhkan. Maka dari itu sistem panoptikon yang terbangun juga tidak berjalan dengan sempurna atau memiliki pengaruh bagi siswa yang ada di MAWAR Management yang disebabkan oleh pengawasan yang tidak menyeluruh.

English Abstract

This study examines body disciplining strategies in modelling schools towards Muslim women models. The aim is to discover the disciplining strategies applied in MAWAR Model Management so that the students can reach the criteria of Muslim women models in the modelling world. This study was using Michael Foucault's theory which discusses the relationship between power, knowledge, body disciplining, and panopticism. The study location is MAWAR Model Management in Surabaya. This study method used qualitative with descriptive analysis. For the method data collection used interview, observation, and documentation. The technique of determining the research informants is purposive sampling by involving key informants, main informants, and additional informants. The results represent the fact that knowledge which came from the discourse of professional model and a Muslim woman turns out to be inappropriate with the reality in the field as well as the application of body disciplining which involved hierarchical supervision, normalization, and testing does not work well, just because only several people are considered capable to be a model, thus they are dominantly supervised than others. Therefore, the panopticon system also does not well or has influence students in MAWAR Model Management caused by incomplete supervision.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520110011
Uncontrolled Keywords: : kuasa pengetahuan, pendisiplinan tubuh, model muslimah, the power of knowledge, body disciplining, Muslim women models
Subjects: 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.5 School discipline and related activities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 25 Jan 2021 18:02
Last Modified: 18 Apr 2023 02:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/181974
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Belinda Tsana Dewi.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item