Sukmawati, Aurum Dinar (2020) Implementasi Strategi dan Kebijakan Internasionalisasi Batik Indonesia Dalam Pasar Global Tahun 2015-2019. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Batik merupakan salah satu kebudayaan bangsa Indonesia yang telah diakui secara internasional sebagai Intengible Cultural Humanity Heritage oleh UNESCO pada Oktober 2009. Indonesia sebagai negara pemilik batik yang telah dikukuhkan ini tentu berupaya untuk mempertahankan bahkan meningkatkan popularitas batik, terlebih dalam kompetisinya di pasar global. Upaya tersebut dilakukan melalui berbagai strategi dan kebijakan untuk mendorong internasionalisasi batik terutama pada kurun waktu 2015-2019. Pasalnya, dalam kurun waktu tersebut performa ekspor batik mengalami penurunan di tengah adanya strategi dan kebijakan pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan strategi dan kebijakan pemerintah dalam mendorong internasionalisasi batik di pasar global dengan menggunakan model Hybrid yang dikemukakan oleh Lei Li & Li/Tevfik Dalgic sebagai salah satu model internasionalisasi yang dilakukan oleh Small Medium Enterprises (SMEs). Dalam model ini menjelaskan tahapan internasionalisasi yang meliputi Planning, Execution,dan Antecedent Phase. Berdasarkan penelitian ini, pada kurun waktu 2015-2019 pemerintah Indonesia tengah melakukan strategi dan kebijakan baik secara domestik untuk menggerakkan IKM batik melalui pelatihan dan litbang, maupun secara global dengan membuka dan memperluas pasar nontradisionalnya, serta menerapkan ketentuan impor TPT batik dan motif batik untuk melindungi IKM dan produk batik asli Indonesia. Namun di tengah strategi dan kebijakan tersebut, tidak diimbangi dengan implementasi yang baik. Pemerintah Indonesia masih bersifat desentralistik sehingga tidak ada satu kesatuan langkah strategi antar lembaga yang berkaitan. Selain itu pergeseran antecedent phase untuk melibatkan IKM dalam setiap pelaksanaan program internasionalisasi juga menurun. Dengan demikian kondisi inilah yang menyebabkan penurunan performa batik Indonesia.
English Abstract
Batik is one of the cultures of the Indonesian people that has been recognized internationally as an Intengible Cultural Humanity Heritage by UNESCO in October, 2009. Indonesia as a batik owner country that has been confirmed is certainly trying to maintain and even increase the popularity of batik, especially in its competition in the global market. These efforts were carried out through various strategies and policies to encourage the internationalization of batik, especially in the 2015-2019 period. As during this period the performance of batik exports has decreased amidst the government's strategies and policies. This study aims to describe the strategy and government policy in encouraging the internationalization of batik in the global market by using the Hybrid model proposed by Lei Li & Li/Tevfik Dalgic as one of the models of internationalization carried out by Small Medium Enterprises (SMEs). This model describes the stages of internationalization which include Planning, Execution, and Antecedent Phase. Based on this research, in that period, the Indonesian government was conducting strategies and policies both domestically to drive the small-medium batik industries through training and R&D, and globally by opening and expanding its non-traditional markets, as well as implementing provisions on the import of TPT batik and batik motifs to protect small-medium industries and Indonesian original batik products. But in the midst of these strategies and policies, it is not balanced with good implementation. The Indonesian government is still decentralized, so there is no unity of strategic steps between related institutions. In addition, the shift in the antecedent phase to involve SMIs in every implementation of the internationalization program also declined.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520110008 |
Uncontrolled Keywords: | batik, internationalization, batik , internasionalisasi |
Subjects: | 300 Social sciences > 327 International relations > 327.1 Foreign policy and specific topics in international relations > 327.11 Specific means of attaining foreign policy goals > 327.111 Economic activities |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 25 Jan 2021 16:06 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 02:27 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/181971 |
Text
Aurum Dinar Sukmawati.pdf Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |