Dewi, Anggi Novita (2020) Analsis Hubungan Kualitas Pelayanan, Motivasi dan Destination Image Terhadap Destination Loyalty: Studi Kasus Ekowisata Mangrove Wonorejo Kota Surabaya Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kota Surabaya memiliki daya tarik tersendiri dari segi pariwisata, salah satunya adalah wisata mangrove berbasis ekowisata. Ekowisata mengintregasikan kegiatan pariwisata, konservasi dan pemberdayaan masyarakat. Ekowisata memiliki model yang diterapkan untuk memanfaatkan sumberdaya yang ada dengan melestarikan lingkungan. Studi pemasaran dan perilaku konsumen pada ekowisata mangrove Wonorejo berkaitan dengan kualitas pelayanan, motivasi dan destination image dalam penentuan destination loyalty. Loyalitas wisatawan dapat berdampak pada keberlanjutan tempat wisata dimasa depan yang dapat ditentukan dengan kualitas pelayanan yang merupakan jantung pemasaran serta salah satu konsep keberhasilan loyalitas. Selain itu, motivasi juga dianggap sebagai pendorong utama ketika wisatawan melakukan kegiatan pariwisata. Namun, hal tersebut tergantung pada destination image dibenak wisatawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan pengaruh: 1) Kualitas Pelayanan terhadap Destination Loyalty, 2) Kualitas Pelayanan terhadap Destination Loyalty dimediasi oleh Destinasion Image, 3) Motivasi terhadap Destination Loyalty secara langsung maupun tidak langsung dimediasi oleh Destination Image. Sampel pada penelitian ini sebanyak 182 wisatawan yang berkunjung di Ekowisata Mangrove Wonorejo. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan nonprobability dengan teknik accidental sampling. Kriteria sampel yaitu wisatawan lokal yang sedang berkunjung dan pernah berkunjung satu tahun terakhir (2019-2020) serta minimal umur 17 tahun. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan WarpPLS. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (X1) berpengaruh signifikan dan positif terhadap destination loyalty (Y) dengan nilai signifikansi <0.001dan koefisien beta 0.246, kualitas pelayanan (X1) berpengaruh signifikan dan positif terhadap destination loyalty (Y) dimediasi oleh destination image (X3) dengan nilai signifikansi <0.001 dan koefisien beta 0.388, motivasi (X2) berpengaruh signifikan dan positif terhadap destination loyalty (Y) dengan nilai signifikasinya <0.001 dan koefisien beta 0.274, motivasi (X2) berpengaruh signifikan dan positif terhadap destination loyalty (Y) dimediasi oleh destination image (X3) dengan nilai signifikasinya <0.001 dan koefisien beta 0.443. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa loyalitas wisatawan sebagai tolak ukur keberlanjutan tempat wisata, maka pihak pengelola perlu meningkatkan terkait dengan pengelolaan tempat wisata dan daya tarik wisata sehingga wisatawan yang telah berkunjung akan memiliki persepsi baik dalam pengalaman wisata yang akan mempengaruhi terbentuknya loyalitas wisatawan. Hasil penelitian ini membuktikkan bahwa motivasi dengan bantuan atau perantara destination image lebih efektif dalam peningkatan loyalitas wisatawan. Sehingga, untuk meningkatkan loyalitas maka direkomendasikan dengan meningkatkan motivasi dan destination image.Saran untuk penelitian selanjutnya dapat melakukan penelitian terkait loyalitas dengan menambah variabel yang berpotensial dalam penelitian masa depan sehingga didapatkan hasil lebih luas dan akurat dengan memperhatian indikator dan menambah ruang lingkup sampel yang digunakan. Hasil penelitian ini dapat dijadikan pihak ekowisata mangrove Wonorejo dan pemerintah sebagai salah satu kekuatan dalam staregi pemasaran destinasi wisata dengan peningkatan item yang memiliki nilai muatan faktor rendah seperti pada kualitas pelayanan, pihak pengelola ekowisata mangrove Wonorejo perlu lebih memiliki rasa kepekaan yang tinggi dalam memberi pelayanan kepada wisatawan, kemudian perlu memperhatikan seluruh obyek wisata sebagai daya tarik wisatwan berkunjung ke ekowisata mangrove Wonorejo
English Abstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520080043 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Motivasi, Destination Image, Destination Loyalty |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 577 Ecology > 577.6 Aquatic ecology > 577.69 Saltwater wetland and seashore ecology > 577.698 Mangrove swamp ecology |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 20 Feb 2021 07:07 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 07:08 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/181970 |
![]() |
Text
LAPORAN SKRIPSI_ANGGI NOVITA DEWI - Anggi Novita Dewi (2).pdf Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |