Hasibuan, Amir Fauzan Martua (2020) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Citra Produk Konsumen Di Seafood Cak Tomo, Kota Malang, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Bauran pemasaran merupakan alat bantu atau perangkat strategi pemasaran dalam menjelaskan informasi produk barang dan jasa kepada konsumen, mengenalkan, merangsang konsumen untuk menarik minat serta menciptakan penilaian konsumen terhadap keputusan pembelian melalui citra suatu produk. Bauran pemasaran menjadi pilihan strategi untuk memasarkan produk. Dimensi strategi pemasaran meliputi produk, price, place dan promotion dan pemasaran jasa terdiri atas people, prosess dan phisycal evidence. Bauran pemasaran bertujuan untuk mendapatkan sejumlah informasi mengenai kebutuhan dan keinginan konsumen. Pengetahuan dan kemampuan menganalisis informasi pasar tentang perilaku konsumen dalam memutuskan pembelian sangat penting bagi produsen. Keputusan pembelian konsumen adalah suatu rangkaian dalam pengenalan masalah kebutuhan dan keinginan, mencari informasi sesuai masalah, mengevaluasi atau menilai dan memilih produk alternatif, serta memilih saluran distribusi dan membuat keputusan untuk melakukan atau tidak membeli terhadap barang dan jasa sesuai kebutuhan dan keinginannya. Serangkaian atau proses kegiatan tersebut merupakan bagian proses keputusan konsumen dengan maksud pemenuhan hasrat akan kebutuhan/keinginan dalam memperoleh kepuasan. Strategi bauran pemasaran sangat penting dilakukan melihat persaingan bisnis yang semakin pesat khususnya pada restoran Seafood Cak Tomo, sebab usaha makanan tergolong mudah untuk masuk-keluar bagi siapa saja. Persaingan bisnis menuntut setiap produsen menerapkan strategi agar dapat menguasai pasar sehingga perhatian terhadap dimensi bauran pemasaran sangat penting dilakukan agar memperoleh posisi unggul di pasar konsumen. Penelitian ini bertujuan memperoleh informasi dan menganalisis pengaruh strategi bauran pemasaran 7P terhadap keputusan pembelian melalui citra produk konsumen di restoran Seafood Cak Tomo. Jenis penelitian korelasional berfungsi untuk menjelaskan hubungan antara variabel exogen dengan variabel endogen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian yaitu konsumen yang pernah memutuskan pembelian pada Seafood Cak Tomo. Teknik Sampling menggunakan non-probability sampling yaitu accidental sampling. Jumlah sampel yang di ambil berjumlah 100 responden. Jenis data penelitian kuantitatif dengan sumber data primer dan sekunder. Metode pengambilan data dengan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Tahapan analisis data bauran pemasaran (7P) pada Rumah Makan Seafood Cak Tomo menggunakan alat analisis software SmartPLS versi 3.0 meliputi spesifikasi model, konstruksi diagram jalur, evaluasi model pengukuran dan structural, pengujian hipotesis yakni uji signifikasi secara parsial (t), implikasi hasil penelitian. Spesifikasi model digunakan untuk merancang suatu model. Tahap spesifikasi digunakan untuk merancang suatu model yang akan di interpretasikan dalam bentuk diagram jalur sesuai dengan variabel penelitian. Konstruksi diagram jalur digunakan untuk membuat rancangan inner model dan outer model sehingga mempermudah pengamatan hubungan antara indikator dengan variabel laten serta hubungan antara variabel eksogen terhadap endogen.Evaluasi model digunakan untuk mengamati keabsahan data sebagai uji prasyarat sebelum melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini pada tahap evaluasi model terdiri atas kalkulasi tahap awal dan tahap akhir dimaksudkan sebagai uji prasyarat sebelum melakukan pengujian hipotesis. Kalkulasi tahap awal merupakan perhitungan ulang akan dilakukan jika hasil kalkulasi awal terhadap indikatornya tidak memenuhi kriteria nilai uji prasyarat. Sedangkan kalkulasi tahap akhir merupakan hasil kalkulasi yang sudah memenuhi uji prasyarat. Kalkulasi tahap akhir setelah melakukan penghapusan pada beberapa indikator karena memiiki nilai factor loading kurang dari 0,70 yang sebelumnya 30 indikator menjadi 25 indikator. Evaluasi outer model diperoleh nilai model pengukuran yakni uji validitas konvergen >0,70, uji validitas diskriminan >0,70, dan average varian distrik extracted >0,5, cronbach alpha>0,60, composite realibility>0,70 dan nilai model structural yakni nilai uji R-Square variabel mediasi atau variabel melalui citra produk 0,282 dan variabel endogen keputusan pembelian 0,542 dan Q –Square sebesar 0,350. Pengujian hipotesis bertujuan memperoleh informasi tentang pengaruh variabel exogen (X) terhadap variabel endogen (Y2) melalui mediator citra produk (Y1) secara parsial. Berdasarkan pengaruh langsung uji signifikasi (t) yang berpengaruh signifikan terhadap citra produk adalah produk sebesar (30,8%) dan lokasi (24,8%) sedangkan pengaruh langsung terhadap keputusan pembelian yang berpengaruh signifikan adalah lokasi sebesar (20,2%). Hasil variabel melalui citra produk diperoleh pengaruh secara tidak langsung uji parsial t variabel produk sebesar 0,299 (29,9%) dan lokasi sebesar (39,8%) berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui citra produk, sedangkan variabel lain yaitu harga, promosi, lokasi karyawan, proses, dan bukti fisik berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Adapun implikasi dari hasil penelitan pada Seafood Cak Tomo yaitu mayoritas konsumen Seafood Cak Tomo adalah konsumen yang berjenis kelamin laki-laki berusia 18-23 tahun, memiliki pekerjaan pelajar/mahasiswa yakni mempertahankan dan memperbaiki citra produk mampu meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk dalam memutuskan pembelian. Secara mediator keputusan pembelian konsumen terhadap suatu produk dapat diimplementsikan dengan memaksimalkan nilai citra produk konsumen. Memaksimalkan bauran pemasaran sebagai strategi pemasaran dapat dilakukan dengan memaksimalkan nilai citra produk sebagai peningkatan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian. Saran yang dapat penulis berikan pada Seafood Cak Tomo mengenai konsep pemasaran untuk mencapai suatu tujuan yang ideal yaitu bagi pemilik usaha agar selalu memperhatikan secara berkelanjutan mengenai tingkatan peran bauran pemasaran yang berpengaruh dalam implementasi konsep pemasaran dalam menigkatkan penjualan melalui citra produk. Bagi karyawan agar selalu memperhatikan secara berkelanjutan untuk menjaga dan meningkatkan pelayananan terhadap konsumen sebab menimbulkan kesan pribadi serta konsumen berpeluang menjadi agen promosi dari mouth to mouth. Bagi peneliti agar memperluas ruang lingkup penelitian sehingga dapat menuju kesempurnaan informasi dan akurat yang berkaitan pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian melalui citra produk.
English Abstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520080036 |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 20 Feb 2021 07:06 |
Last Modified: | 14 May 2024 03:20 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/181940 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
TUGAS AKHIR & PKM_AMIR FAUZAN MARTUA HASIBUAN_165080400111042 - AMIR FAUZAN MARTUA HASIBUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |