Strategi Promosi pada Penjulan Olahan Ikan PT. Kelola Mina Laut Gresik, Jawa Timur

Brillian, Alvin Risyad (2020) Strategi Promosi pada Penjulan Olahan Ikan PT. Kelola Mina Laut Gresik, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. Kelola Mina Laut adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang food industry yang secara berkelanjutan meningkatkan dan menjaga kualitas hasi produksi dengan menyediakan bahan baku yang berkualitas dan dikemas secara higienis. Lokasi PT. Kelola Mina Laut yang berada di Kota Gresik didirikan di atas lahan seluas ± 60.000 m², dengan penggunaan luas tanah untuk pabrik seluas 22,24% yang terdiri dari gedung kantor pusat, gedung sarana produksi yang meliputi gedung proses produksi ikan, udang, rajungan, limbah, dan frozen mart. Serta sebesar 77,76% digunakan untuk halaman , tempat parkir kendaraan, ruang terbuka hijau, pos satpam, dan klinik. PT. Kelola Mina Laut terletak di Kawasan Industri Gresik tepatnya di jalan KIG Raya Selatan Kavling C-5. Letak PT Kelola Mina Laut berbatasan dengan sebelah utara adalah jalan KIG raya yang berhadapan dengan telaga Ngipik,sebelah selatan adalah PT. Petro Kayaku, sebelah barat adalah PT. Matsuyama, sebelah timur adalah PT. Bumi Mulya. Tujuan dalam penelitian ini, Untuk mempelajari fakta strategi promosi produk di PT. Kelola Mina Laut Gresik, Untuk menganalisis situasi serta kondisi lingkungan internal dan eksternal pada PT.Kelola Mina laut Gresik, Untuk menyusun rencana strategi promosi PT. Kelola Mina Laut Gresik. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi yang berkaitan dengan PT. Kelola Mina Laut. Teknik wawancara mendalam dilakukan kepada pihak devisi pemasaran PT. Kelola Mina Laut Gresik, Jawa Timur. Fakta strategi promosi PT. Kelola Mina Laut adalah melakukan pendekatan kepada konsumen dan memperkenalkan produk mereka dengan menggunakan bauran pemasaran seperti Advertising, personal selling, Seles Promotion, Public Relation, dan Direct Marketing. Hal tersebut bisa dilihat dari adanya event–event, bazar, pemberian discount, serta membagi resep masakan yang berbahan dasar produk mereka di web Kitchen Of Indonesia. Dari hasil perhitungan nilai IFAS dan EFAS di peroleh nilai bobot IFAS sebesar 1,00 dan nilai skor sebesar 2,75 dan EFAS dengan nilai bobot sebesar 1,00 dan nilai skor sebesar 2,60. Berdasarkan hasil perhitungan data koordinat internal dan eksternal, Sehingga strategi yang harus diterapkan adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth Oriented Strategy) menggunakan strategi Strenght Opportunities (SO1). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dijelaskan ada beberapa saran yang dapat diberikan oleh peneliti : Untuk mendukung strategi Strenght Opportunities (SO1) dalam peningkatan promosi sebaiknya PT. Kelola Mina Laut melakukan iklan pada Televisi dan radio, Bekerja sama dengan UMKM agar pendistribusian di bagian terpencil bisa merata, Bekerja sama dengan pembudidaya untuk mengatasi permasalahan kebijakan pemerintah tentang kebijakan import dan batasan jumlah hasil tangkapan ikan. Dari tahapan tersebut PT. Kelola Mina Laut mampu menyusun rencana strategi promosi dengan baik.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520080035
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 20 Feb 2021 07:06
Last Modified: 18 Apr 2023 02:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/181939
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Alvin Risyad Brillian (2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item