Sari, Hamidah Rahma (2020) Sosialisasi Program Gemarikan dan Konsumsi Ikan Pada Pelajar di SMP Negeri 10 Malang (Sekolah Gemarikan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tingkat konsumsi ikan kota Malang terbilang masih rendah dari angka normalnya yaitu 70 kg/kapita pertahun, sedangkan pada tahun 2019 angka konsumsi ikan masih mencapai 29,9 kg/kapita dan pada tahun 2020 memiliki target yaitu 30,9 kg/kapita. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui faktor penyebab rendahnya tingkat konsumsi ikan kota Malang, mengetahui perencanaan sosialisasi program Gemarikan di kota Malang dan SMP Negeri 10 Malang dan menganalisis implementasi kebijakan program Gemarikan terkait konsumsi ikan di kota Malang dan SMP Negeri 10 Malang. Metode penelitian yang digunakan ialah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dengan menggunakan purposive sampling serta teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam dengan informan atau narasumber, dokumentasi dan juga triangulasi waktu. Faktor utama penyebab rendahnya konsumsi ikan kota Malang ialah pada faktor internal yaitu pola pikir masyarakat masih kurang terbuka untuk konsumsi ikan, pengetahuan atau kesadaran masyarakat konsumsi ikan juga masih belum maksimal, alhasil membuat daya beli ikan juga masih rendah mengingat beberapa masyarakat mengatakan ikan itu mahal.tidak hanya berasal dari internal saja, Dari faktor eksternal tersebut memicu adanya isu-isu terkait konsumsi ikan yang menyebabkan masyarakat enggan untuk mengonsumsi ikan secara terus menerus. Perencanaan sosialisasi program Gemarikan yang dilakukan oleh dinas bidang perikanan kota Malang ialah menjadi sebuah kegiatan yang efektif dan mudah untuk melakukan komunikasi persuasif dari komunikator kepada peserta atau komunikan secara langsung. Di SMP Negeri 10 Malang telah menerapkan menu kantin sehat dengan produk olahan ikan beserta adanya kolam ikan di lingkungan sekolah membuat pelajar lebih nyaman karena terlihat asri dan tentram. Pemahaman pelajar terkait program Gemarikan terlihat masih kurang menyeluruh. Latar belakang keluarga sangat berpengaruh untuk membentuk mindset yang kuat terkait pentingnya konsumsi ikan pada pelajar yang masih remaja. Bentuk implementasi kebijakan program Gemarikan di Kota Malang yaitu dengan adanya kegiatan sosialisasi program Gemarikan dengan menggunakan model implementasi Jan Merse yaitu dengan berbagai faktor yakni informasi yang didapatkan terkait program kebijakan sudah jelas dan tepat, Isi kebijakan sudah dituliskan dan diterapkan dengan baik, dukungan masyarakat juga sudah cukup baik dengan melihat antusias masyarakat yang tinggi terkait program Gemarikan, namun masih kurangnya fasilitator untuk penerapan kebijakan. Faktor yang menjadi keberhasilan implementasi ialah dalam komunikasi penyebaran informasi secara tepat dan jelas alias tidak missedcom. Dampak implementasi ini ialah meningkatkan daya jual beli ikan dalam bidang ekonomi, dan pada bentuk sosial pelajar bisa meningkatkan dengan berbagi ilmu ke sesama pelajar lainnya. viii Saran dalam penelitian ini yaitu Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dapat menempatkan Program Gemarikan menjadi program prioritas untuk masyarakat dalam menanggulangani tingkat konsumsi ikan yang terbilang masih rendah. Implementor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bidang Perikanan Kota Malang dapat bekerjasama dengan pihak atau instansi terkait seperti Dinas Pendidikan dalam pelaksanaan program Gemarikan dalam upaya peningkatan konsumsi ikan di kota Malang. Selanjutnya untuk stakeholder terkait dapat meningkatkan lagi kegiatan sosialisasi dalam pencapaian tujuan implementasi kebijakan program gemarikan terutama di sekolah-sekolah Kota Malang. Serta menambahkan sumber daya manusia pada badan pelaksana kebijakan (implementor) agar pelaksanaan program Gemarikan berjalan dengan efektif dan lebih efisien.
English Abstract
-
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPIK/2020/214/052004019 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing) |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 30 Dec 2020 06:47 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 07:21 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/181834 |
![]() |
Text
052004019-Hamidah Rahma Sari..pdf Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |