Saraswati, Diandra (2020) Analisis Peran Overall Value Sebagai Mediasi Hubungan Antara Perceived Value Terhadap Satisfaction dan Loyalty Pengunjung Ekowisata Clungup Mangrove Conservation Tiga Warna. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Ekowisata merupakan salah satu industri jasa penggerak ekonomi terbesar di dunia yang sangat strategis. Hal terebut memberikan keuntungan untuk daerah wisata maupun dalam meningkatkan devisa negara. Salah satu daerah wisata yang menerapkan Community Based Ecotourism (CBET) ialah Clungup Mangrove Conservation (CMC) Tiga Warna, sebagai destinasi ekowisata yang ada di Kabupaten Malang. Namun, fakta menunjukan terjadi penurunun jumlah kunjungan di tahun 2016 sebanyak (61.480), 2017 sebanyak (55.151) dan di tahun 2018 sebanyak (56.395), dengan persentase penurunan sebesar 10,3%. Penurunan ini diakibatkan dari adanya beberapa pengelolaan yang belum memperhatikan nilai-nilai yang dipersepsikan wisatawan terutamanya terkait dengan kualitas kinerja dari pelayanan dan infrastruktur. Penelitian ini memeriksa hubungan perceived value, satisfaction dan loyalty atau kesetian wisatawan ekowisata CMC Tiga Warna. Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui (1) menganalisis pengaruh perceived value (economic value, functional value, social value, emotional value) terhadap overall value, (2) menganalisis pengaruh perceived value (economic value, functional value, social value, emotional value) terhadap satisfaction, (3) menganalisis pengaruh perceived value (economic value, functional value, social value, emotional value) terhadap loyalty, (4) menganalisis pengaruh satisfaction terhadap loyalty. Populasi penelitian adalah pengunjung ekowisata Clungup Mangrove Conservation Tiga Warna dengan pengambilan sampel dengan cara incidental sampling dengan kriteria responden yang pernah atau sedang berkunjung ke ekowisata CMC Tiga Warna, dengan kriteria: usia 17 tahun keatas dan mengunjungi CMC Tiga Warna pada rentang waktu 2019-2020 dan diperoleh sebanyak 240 sampel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode dekriptif kuantitatif, menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik Inferensial: WarpPLS SEM Method dan Data Deskriptif Kuantitatif. Melalui permodelan SEM (Structural Equation Modeling). Sedangkan pengambilan data meliputi data primer dan data sekunder. Pengumpulan data primer dilakukan dengan survey melalui instrument kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara economic value (X1) terhadap overall value (X5) dengan nilai signifikansi 0.007 dan nilai koefisien 0.154, functional value (X2) terhadap overall value (X5) dengan nilai signifikansi <0.001 dan nilai koefisien 0.229, social value (X3) terhadap overall value (X5) dengan nilai signifikansi 0.036 dan nilai koefisien 0.229, emotional value (X4) terhadap overall value (X5) dengan nilai signifikansi <0.001 dan nilai koefisien 0.369, economic value (X1) terhadap satisfaction (Y1) dengan nilai signifikansi 0.079 dan nilai koefisien 0.090, functional value (X2) terhadap satisfaction (Y1) dengan nilai signifikansi <0.001 dan nilai koefisien 0.310, social value (X3) terhadap satisfaction (Y1) dengan nilai signifikansi 0.066 dan nilai koefisien 0.096, emotional value (X4) terhadap satisfaction (Y1) dengan nilai signifikansi 0.017 dan nilai koefisien 0.134, overall value (X5) terhadap satisfaction (Y1) dengan nilai signifikansi <0.001 dan nilai koefisien 0.434, social value (X3) terhadap loyalty (Y2) dengan nilai signifikansi 0.024 dan nilai koefisien 0.125, emotional value (X4) terhadap loyalty (Y2) dengan nilai signifikansi 0.030 dan nilai koefisien 0.120, satisfaction (Y1) terhadap loyalty (Y2) dengan nilai signifikansi <0.001 dan nilai koefisien 0.654, sedangkan terdapat 2 (dua) hubungan yang tidak signifikan, hal ini dikarenakan nilai signifikansi >1% yaitu economic value (X1) terhadap loyalty (Y2) dengan nilai signifikansi 0.115 dan nilai koefisien 0.077, functional value (X2) terhadap loyalty (Y2) dengan nilai signifikansi 0.278 dan nilai koefisien 0.038. Hasil empiris tersebut menunjukan bahwa dalam meningkatkan efisiensi Community Based Ecotourism (CBET) sebagai alat pembangunan yang berkelanjutan, maka diperlukan perencanaan dan pengelolaan terkait aktivitas atraksi wisata atau kegiatan wisata dengan meningkatkan preferensi wisatawan sehingga akan meningkatkan kepuasan wisatawan CMC Tiga Warna dengan memastikan kualitas pengalaman yang lebih baik mengarah pada peningkatan nilai yang di persepsikan wisatawan adalah masalah penting bagi pengelola untuk dipertimbangkan ketika mengembangkan strategi keberlanjutan ekowisata. Dari hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa untuk meningkatkan satisfaction wisatawan domestik pengelola direkomendasikan untuk meningkatkan overall value oleh karena overall value paling efektif ditingkatkan melalui emotional value maka dari itu pengelola ekowisata perlu meningkatkan emotional value dan overall value yang merupakan paling efektif untuk meningkatkan satisfaction, sedangkan untuk meningkatkan loyalitas direkomendasikan untuk melalui dengan cara meningkatkan kepuasan. Saran untuk penelitian selanjutnya dapat melakukan penelitian terkait tingkat loyalitas yang tinggi tidak berubah menjadi sikap aktual untuk berkunjung, minat ekowisata tampaknya lebih besar dari tingkat aktual mereka untuk berkunjung. Hal ini disebabkan karena ekowisata menunjukan kecendrungan ideologis untuk meletarikan alam, kecendrungan ideologis seperti itu pun seharusnya dipertimbangkan dalam pemeriksaan proses pengambilan keputusan dan menciptakan strategi pemasaran yang sesuai dengan segmentasi wisata.Selain itu, penelitian selanjutnya dapat mengembangkan model penelitian dengan memasukan berbagai persepsi wisatawan seperti epistemic value dan conditional value. Sedangkan saran untuk ekowisata CMC Tiga Warna dan Pemerintah, ekowisata CMC Tiga Warna perlu menyusun perencanaan strategi pemasaran yang dapat menciptakan rasa aman, nyaman dan memberikan kepuasan serta menambah pengalaman kepada wisatawan yang diharapkan wisatawan loyal sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan ke ekowisata Clungup Mangrove Conservation (CMC) Tiga Warna, maka diperlukan perencanaan dan pengelolaan terkait aktivitas atraksi wisata atau kegiatan wisata dengan meningkatkan preferensi wisatawan sehingga akan meningkatkan kepuasan wisatawan CMC Tiga Warna dengan memastikan kualitas pengalaman yang lebih baik mengarah pada peningkatan nilai yang di persepsikan wisatawan. Sedangkan saran untuk pemerintah daerah perlu ikut serta dalam membantu kegiatan promosi ekowisata bahari yang ada di Kabupaten Malang khususnya ekowisata CMC Tiga Warna. Selain itu ekowisata yang berbasis masyarakat perlu mendapat dukungan ekstra untuk memperoleh program pendanaan, pembinaan dan berbagai pelatihan kepemimpinan serta organisasi yang baik, dan bantuan teknis lainnya.
English Abstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPIK/2020/90/052003936 |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 577 Ecology > 577.6 Aquatic ecology > 577.69 Saltwater wetland and seashore ecology > 577.698 Mangrove swamp ecology |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 30 Dec 2020 06:02 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 02:07 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/181831 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Diandra Saraswati (2).pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (9MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |