Model Prediksi Kecelakaan Yang Melibatkan Kendaraan Angkutan Barang Di Jalan Nasional Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur

Sagala, Juan Bill Parhugi (2020) Model Prediksi Kecelakaan Yang Melibatkan Kendaraan Angkutan Barang Di Jalan Nasional Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Provinsi Jawa Timur merupakan provinsi yang berada di paling timur Pulau Jawa. Jawa Timur juga merupakan provinsi terluas di Pulau Jawa dengan 29 kabupaten dan 9 kota. Kondisi yang strategis dimana terdapat kawasan industri, pertanian, dan perdagangan mengakibatkan besarnya mobilisasi barang antar daerah. Hal ini turut ditunjang dengan adanya infrastruktur berupa jalan nasional rute 15 yang memadai. Jalan nasional rute 15 merupakan sebuah jalan nasional yang menghubungkan Yogyakarta dengan Surabaya dan merupakan jalur penting dalam memudahkan perpindahan orang dan pengiriman barang antar kota. Strategisnya kota-kota yang ada di sepanjang jalan nasional tersebut memiliki andil dalam besarnya mobilisasi kendaraan penumpang ataupun barang yang turut berdampak pada tingginya angka kecelakaan lalu lintas tiap tahunnya. Berdasarkan data Kepolisian Daerah Jawa Timur, Kabupaten Sidoarjo menjadi wilayah dengan kasus kecelakaan terbesar di sepanjang jalan nasional tersebut. Peningkatan angka kecelakaan tersebut juga seiring dengan tingginya kasus kecelakaan yang melibatkan kendaraan angkutan barang di jalan yang sama. Mengingat pentingnya jalan nasional rute 15 terkait dengan jalur mobilisasi barang antar kota, perlu adanya langkah untuk mengurangi kecelakaan yang melibatkan kendaraan angkutan barang. Bentuk pemodelan prediksi kecelakaan didasarkan kepada data kecelakaan yang didapatkan dari Kepolisian Daerah Jawa Timur melalui sistem IRSMS (Integrated Road Safety Management System). Data kecelakaan tersebut diolah berdasarkan tiga karakteristik yang diamati, yaitu karakteristik sosio-ekonomi pengemudi, karakteristik kecelakaan, dan karakteristik geometrik dan lalu lintas. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder, dimana data primer berupa data kecepatan setempat dan geometrik jalan. Sedangkan data sekunder yang digunakan adalah data kecelakaan lalu lintas dari Polda Jawa Timur dan lalu lintas harian rata-rata (LHR) dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII. Analisis Statistik Deskriptif Frekuensi digunakan untuk menganalisa karakteristik sosio-ekonomi pengemudi kendaraan angkutan barang, karakteristik kecelakaan, dan karakteristik geometrik jalan dan lalu lintas. Metode Generalized Linear Model (GLM) merupakan sebuah metode statistik yang digunakan untuk membuat model prediksi kecelakaan. Terdapat lima tahapan dalam pengolahan GLM, yaitu uji kesesuaian distribusi, uji deteksi data outlier, uji korelasi, uji univariat dan uji multivariat. Terdapat dua variabel yang digunakan, yaitu variabel terikat atau variabel respons dan variabel penjelas. Jumlah kecelakaan yang terjadi menjadi variabel terikat sedangkan kecepatan, volume lalu lintas, lebar jalur, lebar lajur, median, dan keberadaan bahu jalan sebagai variabel penjelas. Hasil dari penelitian ini sebagian besar pengemudi berjenis kelamin laki-laki dengan rentang usia yang tidak diketahui dan berprofesi sebagai pegawai swasta. Kecelakaan yang terjadi pada pukul 06.00-07.59 dengan kondisi cuaca cerah dan padaxiv lokasi jalan lurus dengan jenis kecelakaan double. Model prediksi kecelakaan yang didapat adalah McA = 0,1508Arus0.643e(-0,689Median).

English Abstract

East Java Province is a province located in the easternmost island of Java. East Java is also the largest province in Java with 29 regencies and 9 cities. Strategic conditions in which there are industrial, agricultural and trade zones result in large interregional mobilization of goods. This is also supported by the availability of adequate infrastructure in the form of national road route 15. Route 15 national road is a national road that connects Yogyakarta with Surabaya and is an important route in facilitating the movement of people and shipping goods between cities. Strategically the cities along the national road have a share in the size of the mobilization of passenger vehicles or goods which also have an impact on the high number of traffic accidents each year. Based on East Java Regional Police data, Sidoarjo Regency is the region with the biggest accident cases along the national road. The increase in the number of accidents is also in line with the high number of accidents involving goods transport vehicles on the same road. Considering the importance of the national road route 15 related to the inter-city goods mobilization route, steps are needed to reduce accidents involving freight vehicles. The form of accident prediction modeling is based on accident data obtained from the East Java Regional Police through the IRSMS (Integrated Road Safety Management System) system. The accident data is processed based on three observed characteristics, namely the socio-economic characteristics of the driver, accident characteristics, and geometric and traffic characteristics. The data used consists of primary and secondary data, where primary data are local speed data and road geometries. While secondary data used are traffic accident data from the East Java Regional Police and average daily traffic (ADT) from the VIII National Road Implementation Center. Descriptive Frequency Statistical Analysis is used to analyze the socio-economic characteristics of drivers of freight vehicles, accident characteristics, and geometric characteristics of roads and traffic. The Generalized Linear Model (GLM) method is a statistical method used to create accident prediction models. There are five stages in GLM processing, namely distribution suitability test, outlier data detection test, correlation test, univariate test and multivariate test. There are two variables used, the dependent variable or response variable and explanatory variable. The number of accidents that occur becomes the dependent variable while the speed, traffic volume, lane width, lane width, median, and the existence of the shoulders as explanatory variables. The results of this study most of the drivers are male with an unknown age range and work as private employees. Accidents that occurred at 06:00 to 07:59 with sunny weather conditions and on the location of the road straight with a double accident type. Accident prediction models obtained are McA = 0.1508Flow0.643e (-0.689Median)

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2020/49/052003651
Uncontrolled Keywords: Model prediksi, kecelakaan angkutan barang, Generalized Linear Model, jalan nasional, Kabupaten Sidoarjo, Prediction model, freight accident, Generalized Linear Model, national road, Sidoarjo Regency
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 625 Engineering of railroads and roads > 625.7 Roads
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 11 Oct 2020 06:35
Last Modified: 11 Oct 2020 06:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/181689
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item