Strategi Penembangan Usaha Bolu Merk Singossari Menggunakan Metode Swot Dan Qspm (Studi Pada Singosari Bolu Malang)

Laksono, Abi Dwi (2019) Strategi Penembangan Usaha Bolu Merk Singossari Menggunakan Metode Swot Dan Qspm (Studi Pada Singosari Bolu Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan suatu usaha memiliki pengaruh yang besar pada daerahnya. Hal itu terlihat dari banyaknya usaha yang semakin bertambah baik usaha dalam skala kecil, menengah maupun skala besar. Ketatnya kompetisi dalam dunia usaha sebagai akibat dari perkembangan teknologi menuntut setiap perusahaan untuk lebih teliti dan terarah dalam menilai dan memfokuskan diri dalam persaingan. Selain itu perlu adanya strategi agar dapat mencapai suatu sasaran sehingga dengan itu semua akan terkontrol dengan baik dan dapat berkembang sesuai dengan harapan. Untuk itu diperlukan strategi pengembangan melalui keunggulan kompetitif yang harus dimiliki oleh setiap produk cake Singosari Bolu Malang seiring pesatnya perkembangan oleh-oleh yang ada di kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode SWOT (Strength, Weakness, Opporunity, Threat). Penentuan strategi yang akan digunakan bedasarkan variabel lingkungan eksternal dan lingkungan internal. Metode QSPM (Quantitive Srategic Planning Matrix) digunakan untuk melakukan evaluasi pilihan alternatif secara objektif, menetapkan daya tarik relatif dari tindakan alternatif yang layak dan memutuskan strategi mana yang terbaik. Hasil penelitian menunjukkan Faktor internal (kekuatan) yaitu menjaga mutu supaya tetap konsisten. Faktor internal (kelemahan) yaitu daya simpan cake yang tidak tahan lama. Posisi Singosari Bolu Malang pada matriks SWOT berada di sel dengan skor IFE sebesar 3,414 dan skor EFE sebesar 3,050 yang disebut dengan strategi grow and build melalui penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk. Matriks QSPM yang terdiri dari 8 alternatif strategi menghasilkan strategi prioritas untuk Singosari Bolu Malang. Strategi prioritas13 untuk pengembangan Singosari Bolu Malang adalah pilihan variasi cake dengan harga yang murah dengan total skor tertimbang (TSK) sebesar 5,864

English Abstract

The development of a business has a large influence on the region. This can be seen from the number of businesses that are getting better businesses in small, medium and large scale. The tight competition in the business world as a result of technological developments requires every company to be more thorough and focused in assessing and focusing on competition. In addition, there is a need for a strategy in order to achieve a goal so that all of them will be well controlled and can develop according to expectations. For this reason a development strategy is needed through competitive advantages that must be possessed by every Singosari Bolu Malang cake product along with the rapid development of souvenirs in Malang. This study uses the SWOT method (Strength, Weakness, Opporunity, Threat). Determination of strategies to be used based on external environment variables and internal environment. The Quantitive Srategic Planning Matrix (QSPM) method is used to evaluate alternative choices objectively, determine the relative attractiveness of alternative actions that are feasible and decide which strategy is the best. The results of the study show that internal factors (strength) are maintaining quality so that they remain consistent. Internal factors (weaknesses) are the power of storing cakes that don't last long. The position of Singosari Bolu Malang on the SWOT matrix is in cells with an IFE score of 3.414 and an EFE score of 3.050 called the grow and build strategy through market penetration, market development, and product development. The QSPM matrix consisting of 8 alternative strategies produces priority strategies for Singosari Bolu Malang. The priority strategy for the development of Malang Singosari Bolu is the choice of15 cake variations with low prices with a weighted total score (TSK) of 5,864

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2019/158/052002074
Uncontrolled Keywords: Cake , Pengembangan Usaha, Grow and Build, SWOT, QSPM, Cake, Business Development, Grow and Build, SWOT, QSPM
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.5 Management of production > 658.57 Research and Development
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 18 Aug 2020 03:20
Last Modified: 18 Aug 2020 03:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/181510
[thumbnail of ABI DWI LAKSONO (2).pdf]
Preview
Text
ABI DWI LAKSONO (2).pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item