Analisis Pengaruh Jumlah Kendaraan Bermotor Dan Kecepatan Angin Terhadap Konsentrasi Karbon Monoksida Di Pintu Masuk Terminal Arjosari

Proborini, Dita Endah (2019) Analisis Pengaruh Jumlah Kendaraan Bermotor Dan Kecepatan Angin Terhadap Konsentrasi Karbon Monoksida Di Pintu Masuk Terminal Arjosari. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Terminal Arjosari merupakan terminal terpadu di Kota Malang. Aktivitas kendaraan bermotor yang ada di terminal tersebut seperti bus dan motor, menghasilkan emisi gas buang kendaraan berupa karbon monoksida yang berpotensi meningkatkan pencemaran udara di terminal tersebut. Penelitian kualitas udara di Terminal Arjosari perlu dilakukan untuk mengetahui kadar konsentrasi karbon monoksida di terminal tersebut dan pengaruh jumlah kendaraan serta kecepatan angin terhadap konsentrasi karbon monoksida. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling dengan titik sampling yaitu pintu masuk bus (PMB) dan pintu masuk mobil pribadi (PMM). Pengambilan sampel dilakukan pada pagi, siang, dan sore hari di 3 hari yang berbeda. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa konsentrasi CO cenderung lebih tinggi pada pagi hari di pintu masuk bus dan pintu masuk mobil pribadi. Konsentrasi CO berdasarkan titik pengambilan sampel memiliki perbedaan yang signifikan. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 1999 dan Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 10 Tahun 2009, konsentrasi CO yang didapatkan berada di bawah baku mutu. Jumlah kendaraan memiliki pengaruh sebesar 71,35% terhadap konsentrasi CO pada pintu masuk bus dengan hubungan yang berbanding lurus sedangkan pada pintu masuk mobil pribadi sebesar 59,63%. Kecepatan angin mempengaruhi konsentrasi CO sebesar 61,68% di pintu masuk bus dan sebesar 42,28% diix pintu masuk mobil pribadi dengan hubungan yang berbanding terbalik.

English Abstract

Arjosari Terminal is an integrated terminal in Malang City. Motorized vehicle activities at terminal, such as bus and motorcycles, produce vehicle exhaust emissions in a form of carbon monoxide which has the potential to increase air pollution. Air quality research in Arjosari Terminal needs to be carried out to determine the level of carbon monoxide concentration in the terminal and the effects of wind speed and number of vehicles to carbon monoxide concentration. Sampling was carried out using the purposive sampling method with sampling point is the entrance of the bus (PMB) and the entrance of private cars (PMM). Sampling was carried out in the morning, afternoon, and evening on 3 different days. The measurement results show that CO concentrations tend to be higher in the morning at the bus entrance and private car entrance. The CO concentration based on the sampling point has a significant difference. Based on Government Regulation No 41/1999 and East Java Governor Regulation No 10/2009, CO concentrations obtained are below the quality standard. The number of vehicles has an influence of 71,35% on CO concentrations at the entrance of the bus and 59,63% at the entrance of private cars with a directly proportional relationship. Wind speed affects the concentration of CO by 61,68% at the entrance of the bus and 42,28% at the entrance of private cars with an inverse relationship.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2019/338/052002412
Uncontrolled Keywords: Jumlah Kendaraan, Karbon Monoksida, Kecepatan Angin, Terminal Arjosari, Number of Vehicles, Carbon Monoxide Concentration, Wind Speed, Arjosari Terminal
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 628 Sanitary engineering > 628.5 Pollution control and industrial sanitation > 628.53 Air pollution
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Keteknikan Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 13 Aug 2020 06:12
Last Modified: 21 Oct 2021 08:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/181399
[thumbnail of DITA ENDAH PROBORINI (2).pdf]
Preview
Text
DITA ENDAH PROBORINI (2).pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item