Analisis Dan Perbaikan Usability Pada Antarmuka Pengguna Aplikasi Mobile PDAM Surya Sembada Kota Surabaya Dengan Menggunakan Metode Usability Testing

Karima, Tistya Putri (2019) Analisis Dan Perbaikan Usability Pada Antarmuka Pengguna Aplikasi Mobile PDAM Surya Sembada Kota Surabaya Dengan Menggunakan Metode Usability Testing. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu tujuan dari aplikasi Mobile PDAM Surya Sembada adalah untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan-layanan PDAM Surabaya. Tetapi, dalam kenyataannya masih banyak yang mengeluhkan terkait kemudahan dalam mengakses berbagai fitur layanan pada aplikasi tersebut. Dari hasil temuan di playstore, ditemukan adanya ulasan yang menyebutkan bahwa navigasi pada aplikasi kurang baik, serta tidak adanya notifikasi keberhasilan saat pengguna melakukan suatu aksi, yang mana menyebabkan penggunanya menjadi kesulitan dan kebingungan. Kesulitan-kesulitan tersebut berpengaruh terhadap usability dari aplikasi. Menurut ISO/IEC 9241-11:1998, usability merupakan seberapa efektif, efisien dan memuaskannya suatu lingkungan khusus dalam rangka pengguna mencapai tujuannya. Pengujian terhadap usability suatu antarmuka pengguna penting untuk dilakukan. Tujuannya, selain untuk menemukan permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan usability juga dapat mengukur sejauh mana tingkat kemudahan dari aplikasi tersebut. Maka dari itu, dilakukanlah pengujian usability pada aplikasi PDAM Surya Sembada sesuai dengan temuan permasalahan yang ada. Pengujian usability dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama bertujuan untuk mencari permasalahan usability serta solusinya untuk dijadikan bahan rekomendasi perbaikan desain. Tahap kedua bertujuan untuk menilai tingkat usability antarmuka aplikasi setelah dilakukan perbaikan sehingga bisa dibandingkan dengan nilai sebelumnya. Pengujian dilakukan pada 20 responden. Yang terbagi menjadi dua jenis, yaitu Tech Savvy dan Low Digital Skills. Setelah dilakukan perbaikan, nilai usability antarmuka aplikasi untuk responden Low Digital Skills meningkat menjadi 64,7825% dari yang sebelumnya bernilai 20,095%. Sedangkan, untuk responden Tech Savvy nilai usability juga meningkat menjadi 64,7825% dari sebelumnya bernilai 29,2925%.

English Abstract

One of the objectives of the PDAM Surya Sembada mobile application is to facilitate the public in accessing PDAM Surabaya services. However, there are still a number of complaints regarding the ease of accessing this application. From the findings in the Play Store, it was found that there were any bad reviews submitted about the navigation in the application, and when users want to get notifications related to the success of an action, there is not obtained, causing difficulties and confusion. Some of these difficulties can certainly interfere the usability of the application. According to ISO / IEC 9241-11: 1998, usability is how effective, efficient and satisfying a particular environment is in order for users to achieve their goals. Testing the usability of the user interface is important. The goal is to found the problems about usability and to measure the ease of application. Therefore, that’s important to doing usability testing in application of PDAM Surya Sembada. Usability testing is divides into two stages. The first stage is intended to look for usability problems and solutions to be used as material for design improvement recommendations. The second stage aims to assess the level of usability of the application interface after making improvements so that it can be compared with previous values. Tests carried out on 20 respondents. Which is divided into two types, Tech Savvy and Low Digital Skills. After making improvements, usability value of the application interface for Low Digital Skills respondents increased to 64.7825% from the previous value which is 20.095%. Meanwhile, usability value of the application interface for Tech Savvy also increased to 64.7825% from 29.2925%.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/753/052002830
Uncontrolled Keywords: analisis usability, perbaikan usability, usability testing, aplikasi mobile, usability analysis, usability improvement, usability testing, mobile application
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.2 System analysis and design, computer architecture, performance evaluation
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:51
Last Modified: 18 Oct 2021 02:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/181097
[thumbnail of Tistya Putri Karima.pdf]
Preview
Text
Tistya Putri Karima.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item