Lestari, Susiyana (2020) Multiplier Effect Perekonomian dari Objek Wisata Cafe Sawah di Desa Wisata Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Cafe Sawah menjadi sektor potensial untuk meningkatkan pendapatan desa, perluasan kesempatan dan lapangan kerja, mendorong kegiatan industri penunjang, serta turut memperkenalkan keindahan alam dan kebudayaan yang dimiliki oleh Desa Wisata Pujon Kidul. Objek wisata Cafe Sawah menjadi percontohan nasional dalam pengembangan BUMDes, sehingga perlu dikaji bagaimana dampak yang ditimbulkan dari objek wisata Cafe Sawah terhadap perekonomian di Desa Wisata Pujon Kidul. Cafe Sawah juga diharapkan dapat menghasilkan angka pengganda (multiplier effect) yang tinggi. Nilai dari multiplier effect merupakan sebuah alat ukur untuk melihat seberapa besar kegiatan pariwisata di lokasi tersebut memberikan dampak ekonomi terhadap masyarakat khususnya dalam hal pendapatan (Ummudiyah, 2016; Ikhsan, 2017; Agfianto et. al., 2019). Menurut Lickorish & Jenkins (1997), multiplier effect pariwisata dibagi menjadi lima jenis utama, yaitu: a) transaction or sales multiplier, b) output multiplier, c) income multiplier, d) government revenue multiplier, dan e) employment multiplier. Penelitian ini hanya menganalisis income multiplier dan employment multiplier. Income multiplier digunakan pada penelitian ini karena diharapkan dengan didirikannya objek wisata Cafe Sawah dapat menghasilkan peluang-peluang usaha yang akan menghasilkan pendapatan bagi masyarakat desa. Sedangkan employment multiplier digunakan untuk melihat seberapa besar keberadaan objek wisata Cafe Sawah memberikan peluang kesempatan kerja di bidang pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi seluruh unit usaha yang berkembang pada objek wisata Cafe Sawah di Desa Wisata Pujon Kidul, (2) menganalisis income multiplier dari objek wisata Cafe Sawah di Desa Wisata Pujon Kidul, (3) menganalisis employment multiplier dari objek wisata Cafe Sawah di Desa Wisata Pujon Kidul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menganalisis income multiplier dan employment multiplier dari objek wisata Cafe Sawah berdasarkan pengeluaran wisatawan dan jumlah kunjungan wisatawan. Penelitian dilaksanakan di objek wisata Cafe Sawah, Desa Wisata Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur dan penentuan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive). Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan September – Oktober 2019. Elemen penelitian ini adalah wisatawan, pelaku usaha, tenaga kerja dan key informan yang berada di Cafe Sawah. Metode penentuan responden mengunakan metode non-probability sampling. Untuk responden pelaku usaha berjumlah 30 responden dan tenaga kerja berjumlah 129 responden dengan metode sensus. Sedangkan untuk menentukan jumlah wisatawan menggunakan accidental sampling yaitu sebanyak 145 responden. Untuk responden key informan dipilih berdasarkan status sosial di Desa Wisata Pujon Kidul yaitu Direktur Utama BUMDes “Sumber Sejahtera”. Analisis data menggunakan analisis dampak berganda (multiplier effect) dan analisis deskriptif, dan diolah dengan aplikasi Microsoft Excel 2013. Hasil dari penelitian diperoleh nilai dari Keynesian Income Multiplier sebesar 1,67, artinya setiap peningkatan Rp1.000,00 pengeluaran wisatawan akan memiliki dampak terhadap ekonomi lokal sebesar Rp1.670,00. Untuk Ratio Income Multiplier Tipe I didapatkan angka sebesar 1,61, artinya setiap peningkatan Rp1.000,00 pada penerimaan unit usaha mengakibatkan peningkatan sebesar Rp1.610,00 terhadap pendapatan pemilik usaha dan tenaga kerja. Dan untuk nilai Ratio Income Multiplier Tipe II didapatkan angka sebesar 1,77 menunjukkan bahwa setiap kenaikan Rp1.000,00 pada penerimaan unit usaha akan meningkatkan Rp1.770,00 pada pendapatan pemilik usaha, pendapatan tenaga kerja, dan pengeluaran konsumsi tenaga kerja di ekonomi tingkat lokal yang akan berputar pada masyarakat lokal. Income Multiplier tidak saja dilihat dari pengeluaran setiap wisatawan, tetapi dapat juga ditinjau dari setiap wisatawan yang berkunjung. Income Multiplier pada objek wisata Cafe Sawah sebesar Rp108.299,- artinya setiap peningkatan kunjungan per 1 wisatawan akan memiliki dampak terhadap ekonomi lokal sebesar Rp108.299,-. Analisis peluang kesempatan kerja bagi masyarakat diperoleh hasil sebesar 1,117 x 10-7 . Artinya setiap pengeluaran wisatawan Rp1,00 memberikan efek peluang kerja bagi 1,117 x 10-7 tenaga kerja baru di Cafe Sawah. Ketika para wisatawan yang berkunjung ke Cafe Sawah dan melakukan pengeluaran per satu kali kunjungan sebesar Rp10.000.000,00 akan mampu menciptakan lapangan kerja bagi 1,117% tenaga keja baru di bidang pariwisata. Sama halnya dengan income multiplier, employment multiplier juga dapat ditinjau dari setiap wisatawan yang berkunjung. Hasil analisis diperoleh angka 0,00723114, hal ini dapat diinterpretasikan bahwa setiap peningkatan kunjungan per 1 wisatawan akan memberikan efek peluang kerja bagi 7,23 x 10-3 tenaga kerja baru di objek wisata Cafe Sawah. Dan ketika 1000 wisatawan datang berkunjung ke objek wisata Cafe Sawah akan mampu menciptakan lapangan kerja bagi 7,23% tenaga keja baru di bidang pariwisata. Saran dari peneliti untuk pengelola objek wisata Cafe Sawah yaitu tetap menjaga dan mempertahankan kualitasnya dari segi fasilitas, pelayanan, dan infrastruktur yang ada di objek wisata Cafe Sawah sehingga dapat menarik wisatawan dan selaras dengan meningkatnya pendapatan yang diterima, serta terus berinovasi tanpa menghilangkan nuansa alami dari konsep pedesaan yang sudah diterapkan. Objek wisata Cafe Sawah memiliki nilai dampak yang rendah terhadap peluang kesempatan kerja baru di bidang pariwisata jika ditinjau dari pengeluaran wisatawan. Diharapkan untuk meningkatkan jumlah tenaga kerja baik langsung atau tidak langsung, guna mendukung kegiatan yang ada khususnya pada objek wisata Cafe Sawah. Pengembangan pariwisata di objek wisata Cafe Sawah sudah semakin membaik, pemerintah pusat diharapkan turut serta dalam mempromosikan objek wisata Cafe Sawah dengan menjadikan Cafe Sawah sebagai ikon dari Kabupaten Malang.
English Abstract
Cafe Sawah became a potential sector to increase village income, expand opportunities and employment, encourage supporting industrial activities, and also introduce the natural beauty and culture of the Pujon Kidul Village Tourism. Cafe sawah tourism object become a national pilot in the development of BUMDes, so it needs to be studied how the impact caused by Cafe Sawah tourism object on the economy in the Pujon Kidul Village Tourism. Cafe Sawah is also expected to generate high multiplier effects. The value of the multiplier effect is a measurement to see how much tourism activities on that locations have an economic impact on the community, especially in terms of income (Ummudiyah, 2016; Ikhsan, 2017; Agfianto et. Al., 2019). According to Lickorish & Jenkins (1997), tourism multiplier effects are divided into five main types, namely: a) transaction or sales multiplier, b) output multiplier, c) income multiplier, d) government revenue multiplier, and e) employment multiplier. This research only analyzes income multiplier and employment multiplier. Income multiplier is used in this research because it’s hoped that the establishment of Cafe Sawah tourism object will generate business opportunities that will generate income for the rural community. While the employment multiplier is used to see how much the existence of Cafe Sawah tourism object provides job opportunities in the tourism sector. This research aims to (1) identify all business units that develop of Cafe Sawah tourism object in Pujon Kidul Village Tourism, (2) analyze the income multiplier of Cafe Sawah tourism object in Pujon Kidul Village Tourism, and (3) analyze the employment multiplier of Cafe Sawah tourism object in Pujon Kidul Village Tourism. This research’s used a quantitative approach to analyze the income multiplier and employment multiplier of Cafe Sawah tourism object based on tourist expenditure and the number of tourist visits. This research was conducted in Cafe Sawah tourism object, Pujon Kidul Village Tourism, Pujon District, Malang Regency, East Java Province and the location determination was done intentionally (purposive). This research was did in September - October 2019. The elements of this research were tourists, business men, labors and key informants who were in Cafe Sawah. The method of determining respondents uses the non-probability sampling method. There are 30 business men respondents and 129 labors respondents using the census method. Meanwhile, to determine the amount of tourists using accidental sampling, there were 145 tourists. For key informant respondents were selected based on social status in Pujon Kidul Village Tourism, namely the Director of BUMDes "Sumber Sejahtera". Data analysis uses multiplier effect analysis and descriptive analysis, and processed by Microsoft Excel 2013 application. The results of the study obtained a value from the Keynesian Income Multiplier of 1.67, that mean is every increase of Rp1.000,00 of tourist expenditure will have an impact on the local economy of Rp1.670,00. For the Type I Multiplier Income Ratio obtained is 1.61, that mean any increase of Rp1.000,00 in business unit revenue, results in increase of Rp1.610,00 to the income of business men and labors. And for the Type II Multiplier Income Ratio value, a figure of 1.77 shows that each increase of Rp1.000,00 in business unit revenue will increase Rp1.770,00 in business men income, labors income, and labor consumptions expenditure in the local economy, which will revolve around the local community. Income Multiplier is not only seen from tourist expenditure, but can also be viewed from the number of tourist visits. Income Multiplier at Cafe Sawah tourism object is Rp108.299,- meaning each increase in visits per 1 tourist will have an impact on the local economy of Rp108.299,-. Analysis of employment opportunities for the community obtained results of 1.117 x 10-7 , means that every tourist expenditure of Rp1,00 giving the effect of employment opportunities for 1,117 x 10-7 new labors in Cafe Sawah. When the tourists visit Cafe Sawah and make a one-time expenditure as big as Rp10.000.000,00 will be able to create job opportunities effect for 1.117% of new labors in the tourism sector. Similar to income multiplier, employment multiplier can also be viewed from the number of tourist visits. The results of the analysis obtained the number 0.00723114, this can be interpreted that every increase of visits per 1 tourist will give effect to employment opportunities for 7.23 x 10-3 new workers in Cafe Sawah tourism object. And when 1000 tourists come to visit Cafe Sawah will be able to create job opportunities effect for 7.23% of new labors in the tourism sector. Suggestions from researcher’s for the management of Cafe Sawah are to maintain and continue to increase the quality in terms of facilities, services, and infrastructure in Cafe Sawah to attract tourists who come so that it will increase the income received, and continue to innovate without eliminating the natural nuances of rural concepts that have been applied. Cafe Sawah have a low impact value on new job opportunities in the tourism sector when viewed from tourist expenditure. It is expected to increase the number of workers both directly and indirectly, in order to support existing activities, especially in Cafe Sawah. The development of tourism in Cafe Sawah has been getting better, the central government is expected to participate in promoting by making Cafe Sawah an icon of Malang Regency
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2020/35/052003689 |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 24 Aug 2020 07:33 |
Last Modified: | 11 Apr 2023 03:28 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/181089 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Susiyana Lestari.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |