Evaluasi Tingkat Kapabilitas Manajemen Permintaan dan Insiden Layanan (DSS02) pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Lumajang Menggunakan Framework COBIT 5

Andriansyah, Achmad (2020) Evaluasi Tingkat Kapabilitas Manajemen Permintaan dan Insiden Layanan (DSS02) pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Lumajang Menggunakan Framework COBIT 5. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Lumajang sebagai lembaga pemerintah yang berperan dalam manajemen Pegawai Negeri Sipil Daerah, memiliki beberapa teknologi informasi yang mendukung layanan yang dimiliki. Sebagai organisasi yang mengikuti perkembangan dari teknologi informasi, dibutuhkan suatu manajemen layanan teknologi informasi untuk mengatasi tantangan berupa munculnya ancaman dan risiko baru yang kemungkinan terjadi karena adanya insiden (Daft & Marcic, 2006). Manajer harus mampu mengatasi insiden TI dengan efektif dan efisien agar tidak menimbulkan dampak buruk bagi organisasi seperti menurunnya reputasi. Mengingat pentingnya suatu manajemen layanan dan peran manajer sebagai pihak yang melakukan perencanaan, pengorganisasian, memimpin, dan mengendalikan sumber daya pada organisasi, maka penulis berinisiatif untuk melakukan evaluasi pada pelaksanaan manajemen layanan di instansi BKD Kabupaten Lumajang menggunakan framework COBIT 5 pada proses DSS02 (manajemen permintaan dan insiden layanan) karena COBIT 5 dibuat oleh ISACA yang merupakan organisasi yang menyediakan pengetahuan, sertifikasi, komunitas dan pendidikan mengenai tata kelola organisasi dan manajemen TI terkait risiko dan kepatuhan TI. Hasil tingkat kapabilitas dari evaluasi yang dilakukan berada pada tingkat 0 dengan persentase 41,5%. Sedangkan tingkat kapabilitas yang diharapkan, yaitu tingkat 1 sehingga terdapat kesenjangan 1 tingkat. Rekomendasi perbaikan yang diberikan terdiri dari 23 rekomendasi yang dipetakan kedalam roadmap dengan rentang waktu 5 tahun.

English Abstract

Regional Personnel Agency (BKD) of Lumajang Regency as a government agency that an important role in the management of district civil servants, has several information technologies that support the services owned. As an organization that follows the development of information technology, it takes a management of information technology services to overcome the challenges of emerging threats and new risks that are likely to occur due to an IT incident (Daft & Marcic, 2006). Managers should be able to cope with IT incidents effectively and efficiently so as not to cause harm to the organization as IT decreases reputation. Given the importance of a management service and the role of managers as parties planning, organizing, leading, and controlling the resources of the Organization, the authors initiative to evaluate the implementation of the Service management in the institution of BKD Lumajang District uses the COBIT 5 framework on the DSS02 process (Request Management and service incident) because COBIT 5 is created by ISACA which is an organization that provides knowledge, certification, community and education on organizational Governance and IT management with regard to risk and IT compliance. The capability level result of the evaluation is at level 0 with a percentage of 41.5%. While the target capability level, which is Level 1 so there is a gap 1 level. The recommendation of improvement provided consists of 23 recommendations mapped to the roadmap with a span of 5 years.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2020/142/052003115
Uncontrolled Keywords: COBIT 5, DSS02, manajemen permintaan dan insiden layanan, tingkat kapabilitas, rekomendas, COBIT 5, DSS02, manage service requests and incidents, capability levels, recommendations
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.2 System analysis and design, computer architecture, performance evaluation
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:49
Last Modified: 11 Apr 2023 03:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/181053
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Achmad Andriansyah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (12MB)

Actions (login required)

View Item View Item