Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Barbershop Dengan Pendekatan Gamification dan Forward Chaining (Studi Kasus : Goodfellas Barbershop)

-, M. Hamzah (2020) Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Barbershop Dengan Pendekatan Gamification dan Forward Chaining (Studi Kasus : Goodfellas Barbershop). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Untuk mendapatkan rambut yang baik biasanya laki-laki akan pergi ketempat cukur langganannya seperti Barbershop. salah satu Barbershop yang terkenal di malang adalah GoodFellas Barbershop. Dari proses bisnis yang berjalan terdapat beberapa permasalahan yang dialami oleh pihak GoodFellas seperti kurangnya manajemen pelanggan , antrian Customer yang masih menggunakan note paper, susahnya Memberikan promo, Customer tidak memiliki gambaran akan potong rambut yang diinginkan, susahnya mengelola Product yang dimiliki, dan perlunya suatu metode yang membuat pelanggan untuk rutin memotong rambut. Sistem manajemen informasi Barbershop ini dibangun untuk mengatasi permasalahanpermasalahan tersebut. Sistem ini diharapkan dapat membantu pihak GoodFellas dan juga dapat membantu Customer untuk Memberikan informasi terkait Barbershop GoodFellas , sistem ini dibangun dengan pendekatan metode gamifikasi karena diperlukan suatu metode untuk membuat pelanggan agar terus menggunakan sistem ini dan forward chaining untuk rekomendasi potongan rambut. Proses pengembangan sistem ini dilakukan dengan menggunakan metode prototyping dengan dua kali iterasi. Tahapan yang dilakukan pada penelitian ini yaitu studi literatur, tahap kebutuhan, perancangan, implementasi, pengujian dan penarikan kesimpulan dengan pendekatan object-oriented. Pada tahap analisis kebutuhan didapatkan 54 kebutuhan fungsional setelah 2 kali iterasi dan 2 kebutuhan non fungsional. Pada tahap implementasi dilakukan dengan menggunakan framework codeigniter. Pengujian dilakukan dengan 2 pendekatan yaitu pendekatan white-box dan pendekatan black-box. Pendekatan white-box digunakan untuk pengujian unit dengan hasil 100% valid sedangkan pendekatan black-box digunakan untuk pengujian validasi dengan hasil 100 % valid. Untuk pengujian non fungsional terdapat Pengujian Compatibility dengan hasil dapat berjalan di berbagai macam browser seperti Google Chrome, Brave, dan Mozilla Firefox . dan pengujian Usability menggunakan metode Task Scenario dengan hasil 100% dan System Usabiliy Scale (SUS) dengan hasil 86.5 yang berarti termasuk kedalam kategori acceptable sehingga aplikasi sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna

English Abstract

To get good hair, usually men will go to shaving places like Barbershop. one of the famous Barbershop in Malang is GoodFellas Barbershop. From the running business processes, there are several problems experienced by GoodFellas such as lack of Customer management , the queue of Customers who still use note paper, it's hard to give promos, The Customer has no idea of hair style, difficult to manage Products owned, and they need Methods that make Customers cut their hair regularly. This Barbershop information management System was built to overcome these problems. This System is expected to help the GoodFellas and also can help Customers to provide information related to GoodFellas Barbershop, This system was build with gamification Method because we need a Method to make Customers continuous using this System and forward chaining for recommendation hairstyle. The System development process is carried out using the prototyping Method. In the needs analysis phase, 54 functional needs and 2 non-functional requirements are found with 2 iterations At the implementation stage, it is carried out using a codeigniter framework. Testing is done with 2 approaches, namely the white-box approach and the black-box approach. The white-box approach is used for unit testing with 100% valid results while the blackbox approach is used for validation testing with 100% valid results. Compatibility testing has been done that this System can run on browser Google Chrome, Brave, Mozilla Firefox etc. Usability testing is done with 2 approaches, namely Task Scenario and System Usability Scale (SUS), for Task Scenario get 100% valid result, and for System Usability Scale (SUS) get score 86.5 which means included in the acceptable category so that the application is according to user requirements.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2020/140/052003113
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Manajemen, Barbershop, Gamification, Forward Chaining, Management System Information, Barbershop, Gamification, Forward Chaining
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.068 Information technology--Management
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:50
Last Modified: 23 Sep 2024 07:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/181051
[thumbnail of M. Hamzah.pdf] Text
M. Hamzah.pdf

Download (13MB)

Actions (login required)

View Item View Item