Putra, Ady Ramadhan (2020) Evaluasi Usability Dan Perbaikan User Interface Pada Aplikasi KRL Access Menggunakan Metode Human Centered Design (HCD) Dan Post-Study System Usability Questionnaire (PSSUQ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kereta Rel Listrik (KRL) masih menjadi pilihan masyarakat untuk bepergian baik dekat maupun jauh khususnya di wilayah Jabodetabek. PT Kereta Commuter Indonesia sebagai pengelola KRL membuat aplikasi KRL Access pada tahun 2015. Aplikasi KRL Access bertujuan memudahkan pengguna KRL untuk mendapatkan informasi mengenai jadwal dan posisi KRL. Pada praktiknya ditemui beberapa permasalahan, diantaranya adalah jadwal yang berbeda antara aplikasi dan real-time, tombol back yang ketika ditekan selalu mengarahkan untuk keluar aplikasi, dan penggunaan bahasa yang tidak sesuai dan konsisten sehingga akan membingungkan untuk pengguna baru. Dari permasalahan tersebut, peneliti melakukan evaluasi usablity dan perbaikan user interface menggunakan metode HCD dan PSSUQ. Setelah hasil evaluasi diketahui, peneliti membuat desain perbaikan sebagai solusi atas permasalahan dengan menggunakan beberapa guidelines. Hasil perbandingan menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan, yaitu pada aspek efektivitas dari 48% menjadi 100%, pada aspek efisiensi dari 11,85% menjadi 100%, dan pada aspek kepuasan pengguna dari 56,25% menjadi 98,75%. Peneliti menyimpulkan peningkatan nilai tersebut terjadi karena desain perbaikan yang dibuat oleh peneliti memberi nilai efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna yang tinggi kepada partisipan.
English Abstract
Electric Train (KRL) is still people’s choice to travel both near and far especially in the Greater Jakarta area. PT Kereta Commuter Indonesia as the manager of KRL made the KRL Access application in 2015. The KRL Access application aims to make it easier for KRL users to get information about KRL schedules and positions. In practice, several problems were encountered, including different schedules between the application and real-time, the back button which when pressed always exits the application, and the use of language that is not appropriate and consistent so that it will be confusing for new users. From these problems, the researchers evaluated usablity and improved user interfaces using the HCD and PSSUQ methods. After the evaluation results are known, the researcher makes an improved design as a solution to the problem using several guidelines. The results of the comparison show a significant increase, namely in the aspect of effectiveness from 48% to 100%, in the aspect of efficiency from 11.85% to 100%, and in the aspect of user satisfaction from 56.25% to 98.75%. The researcher concluded that the increase in value occurred because the improvement design created by the researcher gave the participants high value of effectiveness, efficiency, and satisfaction.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FILKOM/2020/213/052003403 |
Uncontrolled Keywords: | Human Centered Design (HCD), Post-Study System Usability Questionnaire (PSSUQ), usability, user interface |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.4 Systems programming and programs > 005.43 Systems programs > 005.437 User interfaces |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 05 Aug 2020 08:21 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 07:33 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180953 |
![]() |
Text
Ady Ramadhan Putra (2).pdf Download (11MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |