Simulasi dan Evaluasi Kinerja Protokol Distance Routing Effect Algorithm for Mobility (DREAM) pada Vehicular Ad-Hoc Network (VANET) untuk Komunikasi Kendaraan dengan Infrastruktur

Utomo, Imam (2020) Simulasi dan Evaluasi Kinerja Protokol Distance Routing Effect Algorithm for Mobility (DREAM) pada Vehicular Ad-Hoc Network (VANET) untuk Komunikasi Kendaraan dengan Infrastruktur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Vehicular Ad-Hoc Network (VANET) merupakan jaringan untuk komunikasi nirkabel khususnya pada kendaraan yang memungkinkan node satu dengan node lainnya dapat berkomunikasi dengan atau tanpa infrastruktur. Pada VANET terdapat dua mode komunikasi yaitu Vehicle to Vehicle (V2V) dan Vehicle to Infrastructure (V2I), pada penelitian berfokus pada komunikasi kendaraan dengan infrastruktur (V2I). Dalam perancangan VANET beberapa masalah muncul, salah satunya adalah pemilihan protokol routing yang tepat dengan kriteria dan karakteristik pada jaringan VANET. Pada penelitian ini protokol yang digunakan adalah protokol Distance Routing Effect Algorithm for Mobility (DREAM) yang akan disimulasikan dan dievaluasi berdasarkan skenario pengujian yaitu kepadatan kendaraan dan jumlah variasi RSU untuk menentukan protokol DREAM cocok digunakan pada lingkungan VANET, protokol DREAM dipilih karena pada mekanisme pengiriman data berkaitan dengan Road Side Unit (RSU). Simulasi dilakukan dengan menggunakan NS-2 untuk simulasi protokol dan SUMO digunakan untuk simulasi peta. Hasil dari simulasi protokol DREAM akan dievaluasi berdasarkan parameter pengujian yaitu packet delivery ratio, end to end delay, routing overhead dan convergence time. Dari hasil pengujian didapatkan bahwa pengaruh peningkatan kepadatan kendaraan dan jumlah variasi RSU sangat mempengaruhi hasil dari metrik evaluasi. Penambahan jumlah kendaraan mempengaruhi perubahan nilai pada packet delivery ratio sebesar 94,791% pada 10 node, 99,875% pada 20 node, 98,167% pada 30 node, 97,458% pada 40 node dan 97,291% pada 50 node, routing overhead sebesar 6,26 pada 10 node, 19,329 pada 20 node, 27,572 pada 30 node, 42,483 pada 40 node dan 60,192 pada 50 node dan end to end delay sebesar 14,215 ms pada 10 node, 16,024 ms pada 20 node, 55,008 ms pada 30 node, 71,751 ms pada 40 node dan 74,458 ms pada 50 node sedangkan penambahan jumlah RSU mempengaruhi perubahan nilai pada convergence time sebesar 493,758 ms pada 4 RSU, 491,467 ms pada 8 RSU, 445,723 ms pada 12 RSU dan 380,94 ms pada 16 RSU

English Abstract

Ad-Hoc Vehicle (VANET) is a network for wireless communication on vehicles that allows one node to another node to communicate with or without infrastructure. In VANET there are two modes of communication Vehicle to Vehicle (V2V) and Vehicle to Infrastructure (V2I). This paperis focused on discussing vehicle communication with infrastructure (V2I). In designing of VANET several problems arise, one of which is the selection of a routing protocol that matches the criteria and characteristics of the VANET network. In this paper, the protocol used is the Distance Routing Effect Algorithm for Mobility (DREAM), the protocol which will be simulated and analyzed based on a test-parameters that includes vehicles and variations of the RSU to establish a DREAM protocol suitable for use in VANET environments, DREAM protocol was chosen because the data transmission mechanism is related to the Road Side Unit (RSU). The simulation is performed using NS-2 for protocol simulation and SUMO is used for map simulation. The results of the DREAM protocol simulation will be analyzed based on test parameters namely packet delivery ratio (PDR), end to end delays, routing overhead and convergence. The increase in the number of vehicles affects changes in the value of the packet delivery ratio of 94,791% at 10 nodes, 99,875% at 20 nodes, 98,167% at 30 nodes, 97,458% at 40 nodes and 97,291% at 50 nodes, routing overhead at 6.26 at 10 nodes , 19,329 at 20 nodes, 27,572 at 30 nodes, 42,483 at 40 nodes and 60,192 at 50 nodes and end to end delay of 14,215 ms at 10 nodes, 16,024 ms at 20 nodes, 55,008 ms at 30 nodes, 71,751 ms at 40 nodes and 74,458 ms at 50 nodes while the addition of the number of RSU affects the change in value at convergence time of 493,758 ms at 4 RSU, 491,467 ms at 8 RSU, 445,723 ms at 12 RSU and 380,94 ms at 16 RSU.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2020/203/052003393
Uncontrolled Keywords: VANET, NS-2, SUMO, RSU, DREAM
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.2 System analysis and design, computer architecture, performance evaluation
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Aug 2020 08:21
Last Modified: 11 Oct 2024 03:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180942
[thumbnail of Imam Utomo (2).pdf] Text
Imam Utomo (2).pdf

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item