Pengembangan Sistem Travel Order Perjalanan Dinas Berbasis Android (Studi Kasus Kantor Pusat BPJS Ketenagakerjaan)

Rahman, Anggit Chalilur (2020) Pengembangan Sistem Travel Order Perjalanan Dinas Berbasis Android (Studi Kasus Kantor Pusat BPJS Ketenagakerjaan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengajuan perjalanan dinas Kantor Pusat BPJS Ketenagakerjaan merupakan proses pengajuan yang dilakukan oleh pegawai kepada kepala divisi untuk melaksanakan perjalanan dinas. Pada saat ini, Kantor Pusat BPJS Ketenagakerjaan menggunakan sistem informasi berbasis website dalam proses pengajuan perjalanan dinas. Namun terdapat permasalahan dalam penggunaan sistem tersebut yang hanya dapat diakses melalui server lokal, sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan pengajuan dan persetujuan perjalanan dinas di luar kantor. Penetuan data akomodasi yang belum terintegrasi dengan dengan data maskapai secara langsung juga mengakibatkan sulitnya mengetahui maskapai yang tersedia. Oleh karena itu, pada penelitian ini dikembangkan sebuah sistem pengajuan perjalanan dinas berbasis Android yang menggunakan teknologi Application Programming Interface (API) untuk memudahkan pegawai dalam menentukan maskapai yang akan digunakan. Selain itu pemilihan platform berbasis Android juga dapat meningkatkan fungsionalitas sistem sehari-hari karena terhubung langsung dengan gadget para pegawai. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan waterfall, karena daftar kebutuhan yang telah ditetapkan sejak awal. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem informasi travel order perjalanan dinas dengan kebutuhan fungsional sebanyak 27 kebutuhan, serta satu buah kebutuhan non fungsional yaitu usability. Sistem tersebut diperuntukkan untuk tiga jenis aktor yaitu petugas order, pejabat Approval, dan admin. Sistem ini telah diuji dengan melakukan pengujian unit, pengujian integrasi, pengujian validasi, dan pengujian usability dengan menggunakan kuisioner System Usability Scale (SUS). Pengujian unit menghasilkan 100% status valid pada enam kasus uji dan pengujian validasi menghasilkan 100% status valid pada 55 kasus uji, pengujian integrasi menghasilkan 100% status valid pada 2 kasus uji, sedangkan pada pengujian usability menghasilkan rata-rata skor SUS dengan angka 68,75 pada sisi petugas order, serta rata-rata skor SUS dengan angka 75 pada sisi pejabat Approval dan admin. Skor tersebut telah mencapai batas acceptance SUS yang menunjukkan bahwa sistem telah diterima oleh pengguna

English Abstract

Submission of official travel BPJS Ketenagakerjaan Headquarters is a submission process carried out by employees to the head of the division. At this time, the BPJS Ketenagakerjaan Headquarters uses a website-based information system in the process of submitting official travel. However, there is the problem of the system which can only be accessed through a local server, so it is not possible to submit and approve official travel trips outside the office, and the systems that have not been directly integrated with the data in determining the accommodation to be used. Therefore, this research developed an android-based official travel application system that uses Application Programming Interface (API) technology to facilitate employees in determining the airline to be used. Also, the selection of an Android-based platform can also improve the functionality of the daily system because it is connected directly to the gadgets of employees. This development uses the waterfall development model, because the list of needs has been determined from the beginning. From this research, a travel information system for travel orders with 27 functional and one non-functional requirement was usability needs was produced. The system is intended for three types of actors namely order officers, Approval officials, and admins. This system has been tested by unit testing, validation testing, and usability testing using the System Usability Scale (SUS) questionnaire. Unit tests produce 100% valid status in six test cases and validation tests produce 100% valid status in 55 test cases, while usability testing results in an average SUS score of 68.75 on the order side, as well as an average SUS score with the number 75 on the official Approval and admin, where the score has reached the SUS acceptance limit which indicates that the system has been accepted by the user

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2020/199/052003389
Uncontrolled Keywords: Sistem Pengajuan Perjalanan Dinas, BPJS Ketenagakerjaan, Waterfall, React Native, Android, Subsmission of Official Travel System, BPJS Ketenagakerjaan, Waterfall, React Native, Android
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.1 Programming > 005.106 85 Software engineering / Capability maturity model (Computer software)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:53
Last Modified: 12 Apr 2023 07:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180938
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Anggit Chalilur Rahman (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (12MB)
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Anggit Chalilur Rahman (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (12MB)

Actions (login required)

View Item View Item