Pengembangan Sistem Informasi Ticketing untuk Pengadaan Barang dengan Algoritme Analytic Hierarchy Process untuk Prioritas Berbasis Web (Studi Kasus PT. Kawasaki Motor Indonesia)

Arthur, Samuel (2020) Pengembangan Sistem Informasi Ticketing untuk Pengadaan Barang dengan Algoritme Analytic Hierarchy Process untuk Prioritas Berbasis Web (Studi Kasus PT. Kawasaki Motor Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengadaan barang merupakan suatu hal yang penting untuk mendukung pekerjaan pada PT. Kawasaki Motor Indonesia. Salah satu divisi yang melakukan proses pengadaan barang adalah divisi information system. Divisi ini mengatur segala hal yang berhubungan dengan IT. Bila divisi lain ingin melakukan pengadaan barang kepada divisi information system, divisi lain harus mengisi Requisition form untuk melakukan pengadaan barang. Namun terdapat permasalahan dalam proses pengajuan requisition form dikarenakan proses yang berlaku masih manual dan konvensional. Hal ini membuat kertas form yang sudah diisi secara manual masih harus diantarkan ke ruangan divisi information system, sedangkan PT. Kawasaki Motor Indonesia memiliki kawasan yang sangat luas dan divisi-divisi yang ada pun terpisah dengan jarak yang cukup jauh. Hal lain yang menjadi permasalahan adalah perusahaan ingin melakukan pengurangan konsumsi kertas dan terkadang divisi information system juga bingung untuk memutuskan pekerjaan mana yang harus didahulukan. Maka dari itu, dilakukan penelitian untuk dapat memecahkan masalah tersebut dan menghasilkan sebuah sistem informasi berupa ticketing untuk pengadaan barang dan memberi algoritme Analytic Hierarchy Process (AHP) untuk membantu membuat keputusan. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah pendekatan model waterfall. Hasil yang didapatkan adalah sistem menghasilkan 25 kebutuhan fungsional dan 1 kebutuhan non fungsional yang kemudian diuji menggunakan pengujian unit dan pengujian validasi yang menghasilkan 100% valid. Pengujian kebutuhan non fungsional diuji menggunakan aplikasi sortsite untuk compatibility dan menghasilkan sistem dapat digunakan dalam berbagai web browser. Sistem juga diuji menggunakan User Acceptance Testing (UAT) yang menghasilkan nilai 100% berdasarkan tugas atau task yang diberikan. Pengujian akurasi dilakukan dengan membandingkan rank dari pakar dan sistem yang menghasilkan akurasi 66,6667%.

English Abstract

Procurement of goods is an important thing to support the work at PT. Kawasaki Motor Indonesia. One of the divisions that carry out the procurement process is the information system division. This division manages all matters related to IT. If another division wants to procure goods to the information system division, the other division must fill out the Requisition form to procure the goods. But there are problems in the process of filing a requisition form because the applicable process is still manual and conventional. This makes paper forms that have been filled in manually still have to be delivered to the information system division room, while PT. Kawasaki Motor Indonesia has a vast area and the existing divisions are separated by a considerable distance. Another thing that is a problem is companies want to reduce paper consumption and sometimes the information system division is also confused to decide which work should take precedence. Therefore, research is carried out to solve this problem and produce an information system in the form of ticketing for procurement of goods and provide an Analytic Hierarchy Process (AHP) algorithm to help make decisions. In this study, the method used is the waterfall model approach. The results obtained are the system produces 25 functional needs and 1 non-functional requirements which are then tested using unit testing and validation testing which produces 100% valid. Non-functional requirements testing was tested using a sortsite application for compatibility and resulted in a system that could be used in a variety of web browsers. The system is also tested using User Acceptance Testing (UAT) which produces a value of 100% based on the given task. Accuracy testing is done by comparing the rank of experts and systems that produce an accuracy of 66.6667%.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2020/180/052003371
Uncontrolled Keywords: Sistem informasi ticketing pengadaan barang, PT. Kawasaki Motor Indonesia, waterfall model, CodeIgniter, Ticketing information system for goods procurement, Kawasaki Motor Indonesia Company, SDLC waterfall, CodeIgniter
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.068 Information technology--Management
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Aug 2020 08:20
Last Modified: 02 Oct 2024 02:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180920
[thumbnail of fix -Samuel Arthur.pdf] Text
fix -Samuel Arthur.pdf

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item