Evaluasi dan Perbaikan Antarmuka Aplikasi Mobile IZAT (Aplikasi Zero Accident Assistant) Bidang K3 PT PJB UP Gresik Menggunakan Metode Human-Centered Design

Fitri, Dienabillah Gita (2020) Evaluasi dan Perbaikan Antarmuka Aplikasi Mobile IZAT (Aplikasi Zero Accident Assistant) Bidang K3 PT PJB UP Gresik Menggunakan Metode Human-Centered Design. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT PJB UP Gresik mengembangkan Aplikasi IZAT untuk mengotomatisasi tugas-tugas yang ada di Bidang K3 PT PJB UP Gresik. Aplikasi IZAT memiliki permasalahan diantaranya adalah penggunaan icon yang kurang sesuai dengan isi halaman, tidak adanya informasi penjelas sehingga karyawan seringkali menemui permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi dan perbaikan dari antarmuka aplikasi IZAT dengan menggunakan metode Human-Centered Design (HCD). Analisis konteks penggunaan dimana hasil yang didapatkan nantinya berupa karakteristik pengguna, tujuan penggunaan, lingkungan penggunaan, dan tugas skenario. Tahap kedua yaitu spesifikasi kebutuhan pengguna dimana hasil yang didapatkan berupa permasalahan-permasalahan yang ada di dalam aplikasi dari sudut pandang pengguna berdasarkan hasil pengujian menggunakan usability testing dan kuesioner SUS termodifikasi. Hasil pengujian awal didapatkan data persentase learnability responden Bidang K3 sebesar 66,5% dan responden non bidang K3 sebesar 66,5%. Persentase efficiency sebesar 54,7% untuk responden bidang K3 dan 56,8% untuk responden non bidang K3. Pada pengukuran memorability, kenaikan rata-rata waktu sebesar 8,33% dan jumlah rata-rata tap sebesar 6,25% untuk responden bidang K3, sedangkan persentase rata-rata kenaikan waktu sebesar 8,23% dan sebesar 0% kenaikan jumlah rata-rata tap responden non bidang K3. Pengukuran aspek error didapatkan hasil tingkat error sebesar 21,5% untuk responden bidang K3 dan sebesar 22,6% untuk responden non Bidang K3. Pada aspek kepuasan pengguna didapatkan skor SUS sebesar 55,8 untuk responden bidang K3 dan skor sebesar 68,3 untuk responden non bidang K3. Permasalahan yang ditemukan dari hasil pengujian awal adalah permasalahan seputar navigasi, dan layout dari aplikasi. Tahap ketiga adalah perancangan desain solusi yang dibuat dengan acuan permasalahan dari pengujian sebelumnya. Tahap terakhir yaitu evaluasi desain solusi. Hasil dari evaluasi desain solusi didapatkan data tingkat learnability masingmasing jenis responden sebesar 100%, efficiency masing-masing jenis responden sebesar 100%, memorability rata-rata kenaikan waktu sebesar 3,1% dan kenaikan jumlah tap sebesar 10,5% untuk responden bidang K3. Sedangkan untuk responden non bidang K3 sebesar 5,8% untuk rata-rata kenaikan waktu dan sebesar 0% untuk rata-rata kenaikan jumlah tap. Dari hasil perbandingan, desain solusi berhasil meningkatkan usability dari aplikasi IZAT.

English Abstract

PT PJB UP Gresik developed mobile apps called IZAT to automate tasks in the K3 Field. IZAT has problems including the use of icons that are not appropriate with the contents of the page, IZAT also lack of explanatory information resulted in employees often encounter problems. This study aims to evaluate and improve the interaction of IZAT apps using the Human-Centered Design (HCD) method. First step to use HCD is to analyze the context of use where user characteristics, purpose, usage requirement, and also task scenario will be obtained. Second step is to specify the user requirements with identifying problems faced by users. Detailed problem which obtained from specifying the user requirements then will be tested to selected responden using usability testing and SUS questionnaire. The initial results obtained from usability testing on the percentage of learnability of both K3 Field and non-K3 Field respondents by 66.5%. The percentage of efficiency was 54.7% for respondents in the K3 Field and 56.8% for non-K3 Field respondents. In the measurement of memorability aspect, the average increase in time by 8.33% and the average number of tap by 6.25% for K3 Field respondents, while the average percentage increase in time by 8.23% and 0% increase in the number of average tap non K3 Field respondents. Measurement of error aspect results in an error rate of 21.5% for K3 Field respondents and 22.6% for non K3 Field respondents. In the aspect of user satisfaction SUS score of 55.8 for respondents in the K3 Field and a score of 68.3 for non-K3 respondents. Problems that are found from the results of the initial testing are problems around navigation, and layout of the application. The third stage is the design of solution that are made with reference to problems from initial tests. The last stage is the evaluation of solution design. The results of the evaluation of the solution design obtained the level of learnability of each type of respondent by 100%, efficiency of each type of respondent by 100%, the average memorability of time increases by 3.1% and the increase in the number of taps by 10.5% for respondents K3 Field. Whereas for non K3-field respondents were 5.8% for an average increase in time and by 0% for an average increase in the number of taps. From the results of comparison, the design of the solution succeeded in increasing the usability of the IZAT application.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2020/155/052003346
Uncontrolled Keywords: Usability, Usability Testing, Human-Centered Design, Aplikasi IZAT, Kuesioner SUS, Prototype. Usability, Usability Testing, Human-Centered Design, Aplikasi IZAT, Kuesioner SUS, Prototype
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.2 System analysis and design, computer architecture, performance evaluation
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:58
Last Modified: 26 Sep 2024 07:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180895
[thumbnail of Dienabillah Gita Fitri.pdf] Text
Dienabillah Gita Fitri.pdf

Download (12MB)

Actions (login required)

View Item View Item