Evaluasi dan Perbaikan Alur dan Navigasi Website SMA Negeri 4 Banjarmasin Menggunakan Pendekatan Human Centered Design (HCD)

Rahmawati, Intan (2020) Evaluasi dan Perbaikan Alur dan Navigasi Website SMA Negeri 4 Banjarmasin Menggunakan Pendekatan Human Centered Design (HCD). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

SMA Negeri 4 Banjarmasin merupakan Sekolah Menengah Atas yang telah berdiri sejak tahun 1977. SMA Negeri 4 Banjarmasin memiliki website sebagai wadah penyampaian informasi seputar sekolah. Latar belakang masalah yang dijadikan penelitian ini adalah berdasarkan hasil analisis dari wawancara pengguna dan stakeholder dalam penggalian permasalahan sehingga ditemukan permasalahan adanya kendala dalam mendapatkan informasi, peletakan informasi yang tidak terstruktur serta penamaan kategori dan konten yang tidak memudahkan pengguna dalam mencari informasi. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti melakukan evaluasi alur dan navigasi dengan menggunakan pengujian tree testing dengan melakukan pengukuran pada aspek success rate, directness, first click, dan destination untuk penggalian permasalahan lebih dalam. Peneliti melakukan pengujian card sorting sebagai metode dalam penyusunan struktur informasi dari website dengan melakukan perubahan sesuai kebutuhan pengguna dan stakeholder. Peneliti menggunakan pendekatan Human Centered Design (HCD) dalam menghasilkan perbaikan yang bermanfaat dan menghasilkan sitemap. Aturan yang digunakan bersumber dari usability guidelines dan situs web yang mendukung pada pembuatan desain solusi. Pada penelitian ini menghasilkan rekomendasi perbaikan alur dan navigasi sesuai kebutuhan pengguna dengan persetujuan stakeholder serta telah dilakukan evaluasi desain solusi yang memberikan hasil evaluasi mengalami pertambahan nilai pada aspek yang diukur.

English Abstract

Senior High School 4 Banjarmasin was established by 1977. This school has a website for delivering information about the school. Based on the interview from users and stakeholders, there are some problems in getting information, providing unstructured information layout, as well as categorizing and content naming. These problems make users have a hard time finding information, so there is a need to be a solution. Evaluating the flow and navigation is the answer, by using Tree Testing method and measuring aspects on success rate, directness, first click, and destination to find the core of the problems. This project uses the Card Sorting Test method in making information structure from the website by making changes according to users’ and stakeholder’s needs. This project also uses Human Centered Design (HCD) approach in obtaining useful improvements and sitemaps. The rules are from usability guidelines and website that supports in making solution designs. The result of this study produces recommendations for improvements in flow and navigation according to users’ needs with stakeholders’ approval and provides improvement evaluation scores for measured aspects.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2020/95/052003057
Uncontrolled Keywords: Human Centered Design, Tree Testing, Alur dan Navigasi, Card Sorting, Information Architecture, Human Centered Design, Tree Testing, flow and navigation, Card Sorting, Information Architecture.
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems > 006.707 2 Web sites--research
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Aug 2020 08:19
Last Modified: 17 Apr 2023 03:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180855
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Intan Rahmawati.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (12MB)

Actions (login required)

View Item View Item